Cuaca Arab Saudi Panas, Trik Jitu Menag Yaqut Hindari Heatstroke Saat Ibadah Haji

Arab Saudi – Jemaah haji Indonesia akan mulai berangkat ke Arab Saudi pada 12 Mei 2024. Cuaca di tanah suci diperkirakan sangat panas. Menag Yakut mengimbau jamaah tetap menjaga kesehatan.

Imbauan itu disampaikan Menteri Agama usai meninjau persiapan hotel, bus, dan dapur katering jemaah haji di Makkah. Menteri Agama berkunjung ke tanah suci untuk melakukan pemeriksaan terakhir terhadap kesiapan berbagai layanan yang diberikan kepada jemaah haji Indonesia.

Turut mendampingi Staf Khusus Menteri Agama Wibowo Prasetyo, Menteri Hukum dan Agama Yusran Bahauddin Ambari, Konjen RI Jeddah, Nasrullah Jasam, Konsul Haji RI Jeddah, Kadaker Makkah Khalilurrahman, Kadaker Madina Ali Machzumi, Kabid. Perumahan Jenal Muthakin dan Manajer Transportasi Mujeeb Rony.

“Cuaca panas sekali. Hari ini 40 derajat. Belum puncak. Beberapa hari lalu, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi mengatakan, suhu di Arab Saudi bisa mencapai 48 hingga 50 derajat saat puncak haji,” jelas Gus Men. di Mekah pada Selasa, 7 Mei 2024.

Menag Yakut mengimbau jamaah tetap menjaga kesehatan dan kebugaran jasmani. Karena haji adalah ibadah jasmani. Jemaah disarankan istirahat yang cukup sebelum berangkat ke Arab Saudi.

“Saya minta jemaah haji persiapkan fisik sebaik-baiknya. Haji itu ibadah jasmani. nama panggilan .

“Jangan khawatir. Kementerian Agama telah menyiapkan pejabat di Kementerian Kesehatan yang akan melayani jemaah selama 24 jam. Jemaah tidak perlu ragu untuk menginformasikan kepada pihak berwenang apa pun untuk membantu jemaah,” lanjutnya.

Beberapa upaya menjaga kesehatan jamaah haji telah dilakukan Kementerian Agama sejak awal berdirinya penyelenggaraan haji 1445 H/2024 M, Kementerian Agama telah membentuk Istitha Kesehatan untuk membayar biaya haji. Selain itu, Kemenag juga telah melepas Senam Haji. 

Senam Haji penuh dengan gerakan-gerakan sederhana yang diciptakan oleh para ahli senam sehat yang profesional di bidangnya. Tujuannya agar seluruh jemaah haji Indonesia, termasuk lansia, bisa melakukan gerakan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *