Asmirandah Batasi Screen Time ke Anak, Chloe Tegur Papanya saat Makan Sambil Main Gadget

VIVA – Sebagai ibu dari anak Gen Alpha, Asmirandah mengaku memiliki kendala dalam membesarkan anak di era digital saat ini. Aktris cantik itu mengungkapkan, putrinya, Chloe Emmanuel Van Wettimana yang lahir pada 25 Desember 2020, seperti Gen Alpha lainnya yang sangat aktif.  

Asmirandah mengatakan Chloe memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap dunia digital. Meski dihantui potensi kecanduan atau paparan, Esmiranda berharap Chloe bisa terus mengikuti perkembangan teknologi tanpa mengabaikan karakter terpujinya.

“(Chloe) ingin mengikuti perkembangan saat ini tapi jangan biarkan sikapnya memburuk,” kata Esmiranda saat ditemui di Bakassi pada acara Explore Wonderland. 

Pertama, istri Jonas Ribano mengalami masalah jika Chloe memiliki kemampuan kecanduan zat. Namun pada akhirnya Asmirandah memutuskan untuk membatasi screen time Chloe namun tetap menunjukkan manfaat utama gawai tersebut kepada anak-anak.

Ia pun tetap menjaga komitmennya untuk membatasi penggunaan teknologi bagi anak-anak hingga saat ini. Tak hanya bekerja bersama suaminya, Esmiranda mengatakan membatasi screen time anak memerlukan komitmen seluruh anggota keluarga. Aktris cantik itu pun bersyukur Khloe lolos dari kecanduan narkoba. 

Seperti Esmiranda, Chloe tidak cenderung bermain-main sepanjang waktu. Intensitas permainan Chloe dengan alat bisa dihitung dengan jari selama beberapa bulan.

Keberhasilan Chloe tidak kecanduan narkoba menjadi kebanggaan Esmiranda dan suaminya. Lebih dari sekali, Chloe justru mengingatkan orang dewasa di sekitarnya untuk tidak bekerja dengan peralatan tersebut. 

“Kadang ayahnya suka nonton sambil makan dan nonton (pakai aplikasi), dia (Khloe) malah mengingatkan kita dengan bilang, ‘Ayah, kenapa kamu tidak menonton ini, Khloe saja tidak menonton.'” Ayahnya tidak melihat. Saya langsung minta maaf dan meninggalkan alat tersebut. Saya makan seperti biasa,” kata Esmiranda. 

Esmiranda mengatakan penerapan screen time memberikan efek positif bagi keluarga sehingga saling mengingatkan. Dengan diberlakukannya pembatasan penggunaan alat, Asmirandah berharap Chloe mampu tumbuh dan berkembang secara maksimal. 

Pemilik Asmirandah Zantman punya trik agar anaknya kecanduan gadget dengan mengajak Chloe bereksplorasi. Misalnya bermain di luar dan berinteraksi dengan teman sebaya di rumah dan dengan hewan di rumah. 

“Saya tidak berkepentingan dengan membiarkan Chloe bereksplorasi langsung di luar, tapi juga membiarkannya bermain bebas dengan materi dan hewan di sekitar, sehingga anak-anak bisa terus mengeksplorasi dunianya dengan bebas dan lebih meningkatkan tumbuh kembangnya,” kata Esmiranda. .

Meski hingga saat ini Esmiranda belum mengizinkan putrinya memiliki hewan peliharaan karena Chloe belum begitu paham dengan arti hewan peliharaan. Sehingga dikhawatirkan akan merugikan hewan tersebut. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *