Posisi Baterai Mobil Listrik Neta V-II Ada di Kolong, Seberapa Aman?

Bandung 10 Juli 2024 – Masih banyak masyarakat Indonesia yang mengkhawatirkan keamanan aki mobil listrik. PT Neta Auto Indonesia selaku distributor mobil listrik Neta di Indonesia memastikan kondisi baterainya sangat aman.

Kalau kita lihat contoh aki pada Neta V-II, di bawah mobil. Posisi baterainya tempel dan hanya berjarak 135mm dari permukaan jalan saat membawa 4 penumpang dan 157mm tanpa penumpang.

Apakah aki mobil Neta V-II aman dari kerusakan dalam kondisi seperti ini? Wahyu Handaya selaku Education Manager Neta Auto Indonesia (NAI) mengatakan penyimpanan baterai ini dipertimbangkan oleh pabrikan dari semua faktor termasuk keselamatan dan keamanan.

“Makanya sistem aki kami disebut aki Tiang Gong, sel, modul dan tampilan luarnya dilapisi baja, sehingga aman di luar dan di bawah mobil,” Wahyu, Jawa Barat. Ucapnya pada Rabu, 10 Juli 2024 di Bandung.

Neta V-II mengandalkan baterai lithium ferrophosphate, atau LFP. Memiliki jangkauan 401 km dengan daya 36,1 kWh dan mendukung sistem pengisian cepat bernama DC CCS2. 

Selain itu, teknologi baterai Tiang Gong menggunakan sistem pendingin cair, sehingga mampu melindungi baterai meski dalam keadaan terlalu panas. Jika baterai panas, sistem akan menanganinya. 

“Jadi ada yang namanya pressure release, aki diberi tekanan untuk mengeluarkan panas, jadi aman bagi pengguna mobil listrik. Kalau aki kepanasan sebaiknya pengguna Neta V – II ikuti langkahnya, matikan mesin, keluar dari mobil. dan menghubungi teknisi Neta,” jelasnya.

Baterai dalam transit tanpa emisi ini bersertifikasi IP 6.8 plus, yang berarti tahan debu dan air. VIVA sendiri mengatakan mereka mencoba memasukkan Neta V-II ke dalam kolam sedalam 25 cm dan baterainya terendam air.

Wahyu mengatakan, “Tahan air dan debu dengan IP 6.8 plus. Pada pengujian standar, baterai dijatuhkan pada ketinggian 1 meter selama 30 menit. Namun pada pengujian Neta, aman selama 2 hari (lama).”

Neta V-II ditawarkan di Jakarta dengan harga on the road Rp 299.000.000, menjadikan mobil ini diminati pelanggan yang menginginkan mobil listrik dengan harga terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *