Ada ‘Lubang Kehidupan’ di Bulan

VIVA Tekno – Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Italia menunjukkan bahwa kemungkinan adanya gua-gua besar di dasar kawah yang dalam di bulan dapat melindungi manusia dari bahaya lingkungan selama ekspedisi panjang.

Sebuah artikel yang diterbitkan di Nature Astronomy menjelaskan data radar yang dikumpulkan oleh Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) pada tahun 2010.

Beberapa isinya menunjukkan bahwa lubang Mare Tranquillitatis (Lautan Ketenangan) mungkin bisa menjadi basis eksplorasi satelit alami Bumi di masa depan.

Kawah ini merupakan fitur penting sekitar 400 kilometer dari Tranquility Base, tempat misi Apollo 11 mendarat pada tahun 1969.

Kawah ini merupakan lubang terdalam yang diketahui di bulan, diperkirakan berada 100 meter di bawah permukaan.

Data yang dikumpulkan oleh LRO mini-RF menunjukkan bahwa itu mungkin sebenarnya adalah “langit-langit” yang tergantung di lereng gua sedalam 150 meter, lebar 45 meter, dan panjang 80 meter, Lorenzo Bruzzone dari Universitas Trento di Italia.

Gua tersebut “bisa jadi merupakan tabung lava kosong” dan bisa jadi merupakan tempat tinggal manusia. Kapal tersebut juga dapat menampung air beku, yang merupakan sumber daya berharga untuk misi berawak apa pun.

Permukaan bulan terpapar sejumlah zat yang membahayakan manusia, termasuk radiasi kosmik, sinar kosmik, dan mikrometeorit.

Menyembunyikan markas di bawah tanah adalah salah satu cara yang disarankan untuk mengurangi risiko ini.

Para ilmuwan telah lama berteori bahwa beberapa lubang di Bulan bisa mengarah ke gua lava yang bisa berfungsi sebagai lubang runtuhan.

Namun stabilitasnya dapat menjadi masalah karena dinding dan atap memerlukan perkuatan.

“Keuntungan utama gua adalah menyediakan bagian struktural yang besar untuk kemungkinan tempat tinggal manusia tanpa aktivitas konstruksi yang rumit,” kata Leonardo Carrer, penulis pertama studi tersebut, di situs Russia Today, Rabu, 17 Juli 2024. .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *