Hidupkan Yogyakarta Kota Sepeda, Wakil Ketua Kadin DIY Siapkan Program Sego Segawe Comeback

Yogyakarta – 16 tahun lalu, Kota Yogyakarta mempunyai program bernama Sego Segawe. Sego Segawe merupakan singkatan dari Bike Kanggo Sekolah dan Nyambut Gawe.

Program Segosegawa pertama kali diluncurkan pada 13 Oktober 2008 oleh Gubernur Sri Sultan HB X dan Walikota Kota Yogyakarta Heri Zudiant.

Pasca diluncurkannya program Sego Segawe, kondisi kota Yogyakarta mulai berbenah. Jalan memiliki jalur terpisah untuk pengendara sepeda dan ruang tunggu bagi pengendara sepeda di setiap lampu merah.

Rute alternatif bagi pengendara sepeda juga telah dirancang. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya rambu-rambu jalan yang menunjukkan jalur alternatif bersepeda di Kota Yogyakarta.

Sejauh ini infrastruktur bagi pesepeda masih bisa ditelusuri di Kota Yogyakarta. Sayangnya, setelah gerakan Sego Segawe tidak lagi didukung secara masif oleh pemerintah, semangat Yogyakarta sebagai kota bersepeda mulai tenggelam.

Calon Wali Kota Yogyakarta 2024-2029, Wawan Harmawan berkomitmen menghidupkan kembali program Sego Segawe. Program ini akan diberi nama Sego Segawe Comeback.

Wakil Presiden KADIN DIY menilai program Sego Segawe masih sangat relevan dengan kebangkitan kota Yogyakarta. Wawan menilai semangat Sego Segawe hanya perlu di-rebranding saja.

“Kota Yogyakarta mempunyai infrastruktur jalur sepeda yang cukup baik. Kalau masih ada kekurangan akan kami perbaiki dan tambah,” kata Wawan Kamis, 18 Juli 2024.

“Yang terpenting selain infrastruktur, saya melihat antusiasme masyarakat untuk bersepeda masih tinggi. “Kami melihat banyak sekali pengendara sepeda di jalanan Kota Yogyakarta hampir setiap minggunya,” lanjut Wawan.

Wawan menemukan, banyak juga event bersepeda yang diadakan oleh komunitas bersepeda yang masih digelar hingga saat ini. 

Wawan mengatakan, pada masa pandemi COVID-19 beberapa waktu lalu, aktivitas bersepeda juga terdampak di Kota Yogyakarta.

“Saya melihat Sego Segawe yang sudah ada sebelumnya, bagus untuk comeback. Kami melakukan rebranding menjadi Sego Segawe Comeback. Nantinya, bersama-sama pemerintah, masyarakat umum, dan komunitas bersepeda, kita akan bangkitkan Yogyakarta sebagai kota bersepeda. melalui comeback Sego Segawe ini,” pungkas Ketua Bendahara KONI DIY.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *