Spesifikasi Mobil Kim Jong Un Hadiah dari Putin, Pesaing The Beast

Moskow, 21 Februari 2024 – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menerima mobil mewah dari Presiden Rusia Vladimir Putin, mobil mewah Senat Ars.

Hadiah tersebut diberikan kepada Kim Jong-un saat berkunjung ke Rusia, meski PBB melarang pemberian barang mewah ke Korea Utara.

Dikutip dari laman Carscoops oleh VIVA Otomotif Aurus Senat Limousine, merupakan mobil buatan Rusia yang dirancang khusus untuk para kepala negara.

Mobil ini terkenal dengan kemewahan dan keamanannya yang tinggi. Putin sendiri menggunakan Senat Orus sebagai kendaraan resminya.

Pemberian tersebut menimbulkan pertanyaan mengenai kepatuhan Rusia terhadap sanksi PBB. Dalam resolusi yang disahkan PBB bersama Rusia, dilarang menyediakan fasilitas mewah untuk menekan Korea Utara agar menghentikan program nuklirnya.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan Putin memutuskan untuk memberikan hadiah tersebut setelah menunjukkan rasa hormatnya kepada Senat Orus saat berkunjung ke Kosmodrom Vostochny Rusia pada September 2023.

Korea Utara adalah tetangga terdekat Rusia dan Putin ingin menjalin hubungan baik dengan negara tersebut, kata Peskov.

Pengamat internasional mengkritik langkah Putin sebagai pelanggaran sanksi PBB dan dapat memperkuat pemerintahan Kim Jong-un.

Untuk informasi anda; Senat Aurus dirancang khusus untuk menjaga keselamatan penumpangnya. Bodinya dilapisi bahan antipeluru dan kaca yang tidak tahan terhadap tembakan jarak dekat.

Limusin buatan perusahaan Rusia Oras ini memiliki panjang 6,6 meter. Lebar 2 meter dan tinggi 1,7 meter. Karena bobotnya yang 6,2 ton, pabrikan harus memasang mesin khusus.

Dibangun untuk Putin, Orus Sennet mengusung mesin 4.400 cc delapan silinder rancangan Porsche, dengan dua turbo dan motor listrik menjadikannya mesin hybrid.

Orus adalah Cadillac milik saingan Senat AS, Presiden Joe Biden, yang diberi nama The Beast. Mobil ini merupakan hasil perpaduan sasis truk GMC dan sasis rancangan Cadillac.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *