Banyak Orang Tunda Nikah karena Gak Punya Biaya, Zaskia Adya Mecca: Rp7,5 Juta Itu Cukup

VIVA Showbiz  – Zaskia Adya Meka Pernikahan merupakan sesuatu yang sakral, namun tidak harus menjadi beban bagi yang melangsungkannya. Pernikahan hendaknya menjadi momen sekali seumur hidup yang akan dikenang selamanya tanpa mempengaruhi kemampuan setiap orang.

Zaskia Adya Mecca dengan bangga mengatakan pernikahannya dengan Hanung Bramantyo tidak membutuhkan banyak biaya. Di saat artis menggelar acara pernikahan yang sangat mewah, Zaskia Adya Mecca hanya mengeluarkan modal Rp 7,5 juta. Seperti ini? Mari gulir untuk mengetahui lebih lanjut.

“Ah iya gan (biaya pernikahannya Rp 7,5 juta). Makanya saya nggak habis pikir kalau orang mau nikah dengan uang banyak,” kata Zaskia Adya Mecca mengutip video Instagram @rumpi_gosip, Senin, 15 April 2024.

Zaskia Adya Mecca juga menemukan bagaimana budaya Indonesia membuat pernikahan terkesan membutuhkan banyak biaya. Akibatnya, banyak orang yang menunda pernikahan dan memilih tidak menikah karena kendala keuangan.

“Orang Indonesia kasihan sama saya, budaya kita membuat pernikahan menjadi sulit dan mahal, menyita waktu dan sulit,” kata Zaskia Adya Mecca.

Padahal, berdasarkan hukum agama Islam, pernikahan hanya mensyaratkan bersatunya dua insan dalam ikrar suci pernikahan. Selain itu, pesta resepsi atau pesta adat tidak wajib dilakukan.

Namun banyak daerah di Indonesia yang masih memiliki tradisi yang mengharuskan calon pengantin untuk melakukan upacara adat. Saat itulah ide pernikahan mahal mulai muncul.

“Jadi kalau budaya dan syariah dipadukan, sebenarnya syariah itu sederhana sekali. Kadang budaya yang mempersulit,” kata Zaskia Adya Mecca.

“Sementara yang kita perlukan itu syariah, yang penting halal. Ikuti apa yang Rasulullah lakukan lho. Bahkan Sayyidina Ali ketika menikah pun tidak berbuat apa-apa. Rasulullah memberikan baju besinya sebagai mahar.” Dia menjelaskan.

Bahkan tak jarang orang yang hendak menikah mencari uang dengan cara berhutang. Alih-alih memulai hidup baru dengan tabungan yang cukup, pengantin baru malah bingung bagaimana cara melunasi hutang acara pernikahan mewah tersebut.

“Pada akhirnya banyak orang Indonesia yang menikah malah terlilit hutang. Padahal menikah itu memulai hidup baru dari awal dengan seseorang. Seharusnya kita punya modal yang banyak, tapi modalnya malah dihabiskan untuk satu- malam menginap di kaki kita.” , katanya.

Zaskia Adya Mecca sangat ingin menjadi contoh bagi masyarakat bahwa pernikahan tidak boleh ditunda karena biaya yang mahal. Berdasarkan pengalaman pribadinya, Zaskia Adya Mecca ingin menunjukkan bahwa pernikahan bisa dilakukan dengan modal kecil.

“Saya ingin kembali dan berubah karena kalau ada yang menikah dengan publik figur, banyak yang melihatnya. Saya ingin bisa menunjukkan kepada orang lain bahwa menikah dengan biaya 7,5 juta saja sudah cukup,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *