Thariq Halilintar Haji Umur 2 Bulan, Habib Jafar: Sah, Tapi…

LIVE LIFE – Situasi Tariq Haririntar banyak menjadi perbincangan di media sosial. Orang tua Tariq Haririntar mengajaknya menunaikan ibadah haji ke Mekah saat usianya dua bulan. Hal tersebut juga ditegaskan Habib Jafar yang mengunggah pesan di Instagram yang menjelaskan aturan haji kepada anak.

Meski Habib Jafar tidak menyebut secara langsung nama Tariq Haririntar, namun ia secara gamblang membagikan isi pernyataan Jenderal Faruq baru-baru ini. Silakan melakukan pemesanan untuk informasi lebih lanjut.

“Berapa hari ibadah haji berlangsung?” Diposting seperti yang dibaca pada Jumat, 5 Juli 2024.

Perbincangan Tariq Haririntar yang diajak menunaikan ibadah haji saat usianya masih dua bulan banyak disinggung oleh sejumlah selebriti. Meski tak terduga, netizen Indonesia terus melontarkan candaan mengenai topik ini di media sosial.

Untuk itu, Habib Jafar menjelaskan, ada hukum hadis Islam tentang anak yang ikut haji meski belum baligh dan tidak memenuhi syarat sah.

Ibnu Abbas berkata, ketika Nabi SAW suatu ketika bertemu dengan sekelompok orang di Rauha, ada seorang wanita di antara mereka yang mengangkat bayi kepada Nabi SAW dan bertanya, “Apakah kamu (bayi itu) juga ikut menunaikan ibadah haji? Nabi SAW menjawab, “Ya, dan.” Kalian akan mendapat pahala (HR.Muslim),” tulis Habib Jafar.

Berdasarkan hadis yang dibagikan Habib Jafar, dapat disimpulkan bahwa anak-anak tersebut, termasuk Tariq Haririntar yang saat itu berusia dua bulan, telah menyelesaikan ibadah haji dan menerima pahala. Namun karena belum menunaikan rukun haji, maka shalatnya hanya dianggap sunnah, dan kewajiban menunaikan haji setelah dewasa tidak dicabut.

“Iya, menurut Imam Nawawi, haji anak kecil sah dan mendapat pahala, tetapi karena dia belum menunaikan rukun haji (karena belum dewasa), maka dihitung sunnah` `Itu kewajiban hajinya,” jelas Habib Jafar.

Sebelumnya, Jenni Faruk bercerita usai melahirkan putra keempatnya, ia dan suaminya Tariq Haririntar langsung menunaikan ibadah haji ke Mekah setelah melahirkan.

“Tadi saya sebutkan haji dan saya ingat Tariq juga menunaikan haji. Saat dia berumur dua bulan, dia ikut haji bersama kami,” kata Jenni Falk.

Berdasarkan pengalaman tersebut, Geni Faruq mengatakan bahwa Tariq Haririntar bisa juga disebut “Tariq Haji” karena ia sudah pernah menunaikan ibadah haji.

Tapi Tariq sudah menunaikan haji, dan saat Tawaf dia memanggil semua orang di sana namanya: Tariq, Tariq (diterjemahkan jalan), kata Jenni Faruk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *