Cara Didik Unik Orang Tua Prilly Latuconsina: Papa Mama Nggak Pernah Periksa Rapor Aku

JAKARTA – Prili Latukonsina, aktris kenamaan Tanah Air baru-baru ini berbagi kisah unik pola asuh orangtuanya. Dalam penjelasannya, orang tuanya tidak pernah melihat nilai dari hasil akademisnya hingga saat ini.

Alih-alih fokus pada angka, orang tua Prilly ingin agar Prilly belajar memahami materi pelajaran dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Mereka tidak ingin Prili belajar hanya untuk membanggakan mereka dengan nilai yang tinggi.

“Ayah dan ibuku tidak pernah mengecek catatan sekolahku, karena mereka tidak ingin aku belajar hanya karena aku ingin membanggakan mereka dengan nilai seperti itu,” ujarnya dalam podcast bersama Daniel Mananta.

Namun, sikap orang tuanya bukan berarti tidak memperhatikan studinya. Namun orang tuanya ingin ia memahami materi yang disampaikan di sekolah.

“Mereka ingin saya belajar dan menimba ilmu, memahami pelajaran,” katanya.

Sementara teman-temannya berbahagia menerima hadiah dari orang tuanya, Parili tidak berharap apa-apa. Dia mengatakan dia tidak pernah diberi penghargaan karena mendapat nilai bagus atau dihukum karena mendapat nilai buruk. 

“Jadi saya tidak pernah cek laporannya. Kalau teman-teman, saat scorecard dibagikan, mereka semua bilang ‘ya, saya dapat penghargaan’, tapi saya tidak pernah tertarik dengan penghargaan tersebut, tetapi saya tidak pernah tergiur kalau nilaiku buruk,” imbuhnya.

“Tujuan sekolah adalah untuk belajar, bukan untuk mendapat nilai bagus. “Bukan yang terbaik,” lanjutnya.

Meski demikian, Prilly juga mengungkapkan terkadang orangtuanya juga memberikan tantangan agar ia bisa mendapat nilai bagus. 

“Contohnya kalau saya ditantang, kalau saya pikir saya malas belajar, saya ditantang untuk ‘coba, bisakah kamu’ menjadi siswa terbaik agar kita semakin tertantang,” tuturnya. angkat bicara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *