Dorong Pertumbuhan Ekonomi, PON 2024 Jadi Ajang Promosi Pariwisata di Sumut

Medan – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut menargetkan menjadikan PON 2024 Aceh-Sumut sebagai ajang promosi pariwisata Sumut dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Plt Gubernur Sumut Agus Fatoni saat talkshow keliling PON Aceh-Sumut di Plaza Medan Fair, Kota Medan, Sabtu 20 Juli 2024. Ia mengatakan banyak keberhasilan yang ingin diraih. Diantaranya adalah keberhasilan implementasi, pencapaian, administrasi dan pemberdayaan ekonomi. 

“Dengan PON ini, perekonomian maju dan pariwisata juga sukses. Ini kesempatan kita untuk meningkatkan pembangunan dan perekonomian kita selain olahraga,” kata Fatoni. 

 PON akan digelar di Sumut pada 8-20 September 2024. Pada kesempatan kali ini. Fatoni pun mengajak seluruh masyarakat untuk bahu membahu berkontribusi menyukseskan penyelenggaraan PON.

“Saatnya menunjukkan siapa Sumut, saatnya menunjukkan bahwa Sumut mempunyai harkat dan martabat, nama baik, potensi kekayaan yang besar, seni budaya dan banyak kebaikan. “Jadi PON ini harus kita sukseskan, kita sudah tunjukkan Sumut stabil, Sumut harmonis, kita boleh majemuk tapi bisa damai,” jelas Fatoni.

Menurutnya, suksesnya PON merupakan tanggung jawab semua pihak mulai dari Pemprov Sumut, Pemkab/Kota, Forkopimda hingga masyarakat. Apalagi sejak tahun 1953, baru berselang 70 tahun, Sumut kembali menjadi tuan rumah PON. 

“Tidak ada peluang untuk menyelenggarakan ini dua kali, ini kesempatan yang sangat langka, menyukseskan PON kali ini, ini kesempatan kita untuk menunjukkan Sumut stabil,” kata Fatoni.

Panitia Besar PON terus bergerak cepat menyelesaikan segala persiapan. Saat ini progres penyiapan lokasi secara keseluruhan telah mencapai 80%. 

“Kita semua harus siap, semuanya kita kaji satu per satu, pembinaan atlet, pembelian peralatan, kita semua bersinergi, kita semua bergerak, kita bersatu menyukseskan ini,” kata Fatoni.

Berikutnya, Fatoni juga berharap para atlet yang akan berlaga di PON memberikan yang terbaik. Ia optimistis Sumut bisa masuk empat besar di PON nanti. Ia pun berjanji, atlet yang meraih prestasi di PON akan mendapat bonus. 

“Bagi pemenang atau peraih medali akan ada bonus dari Pemprov Sumut. Kalau berprestasi pasti akan dipertimbangkan, apapun yang kita lakukan akan berdampak pada kita,” kata Fatoni. 

Wakapolda Sumut Brigjen Pol Rony Samtana pun mengajak masyarakat untuk turut menyukseskan PON dari segi keamanan dan kenyamanan. Rony mengatakan, PON bisa menjadi penyemangat untuk menunjukkan sisi baik Sumut. 

“Saya mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga keselamatan dan kenyamanan sehingga tercipta rasa aman dan nyaman bagi warga dan tamu yang akan datang nantinya,” kata Rony. 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua KONI Sumut Jhon Ismadi Lubis, Kadis Pemuda dan Olah Raga Sumut Baharuddin Siagian, Kadiskominfo Sumut Ilyas Sitorus dan jajaran Pemprov Sumut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *