Soal Kesetaraan Gender di Tempat Kerja, Upaya Ini Dilakukan Buat Dukung Perempuan

VIVA Lifestyle – Kesetaraan gender di tempat kerja merupakan suatu kondisi dimana perempuan dan laki-laki mempunyai kesempatan yang sama dalam pekerjaan, karir, upah dan tunjangan. Artinya sama sekali tidak ada diskriminasi gender di dunia kerja.

Namun kenyataannya masih banyak permasalahan kesetaraan gender di tempat kerja, khususnya bagi perempuan. Mulai dari kesenjangan gaji, rendahnya keterwakilan perempuan dalam posisi kepemimpinan, kurangnya dukungan terhadap karyawan perempuan yang memiliki anak, hingga pelecehan seksual. Lalu upaya apa yang harus dilakukan? Scroll untuk informasi selengkapnya, yuk!

Women in Sales merupakan program yang dimulai pada tahun 2021 yang bertujuan untuk menarik, mempertahankan dan mengembangkan talenta wanita di divisi penjualan perusahaan.

Program Women in Sales sendiri telah mendapatkan penghargaan dari World Economic Forum pada tahun 2023 sebagai salah satu praktik terbaik dari inisiatif DEI (Diversity, Equality and Inclusion). 

Program ini mendukung tujuan Brew a Better World (BaBW) yaitu 25% keseimbangan gender di Heineken pada tahun 2025.

Melia Halik, Director of People Operations Multi Bintang Indonesia, menjelaskan: Women in Sales adalah program yang dirancang untuk membantu talenta perempuan unggul dalam industri yang secara tradisional didominasi laki-laki. 

“Hal ini mencerminkan komitmen perusahaan dalam menerapkan standar tinggi untuk menjaga keselamatan dan keadilan. “Melalui inisiatif ini, kami menawarkan berbagai platform dan kegiatan yang membantu talenta perempuan untuk terus tumbuh dan mengembangkan kemampuannya,” kata Melia dalam keterangannya, Rabu, 3 Juli 2024, seperti dikutip.

Pada tahun 2020, terdapat 15,5 persen perwakilan perempuan di divisi penjualan perusahaan. Inisiatif ini telah membuahkan hasil positif yang signifikan dengan meningkatnya jumlah perempuan di tenaga penjualan perusahaan. Pada tahun 2023, keterwakilan perempuan dalam tim penjualan berhasil meningkat menjadi 24 persen.

“Program seperti Women in Sales sangat penting untuk memberikan kesempatan kepada karyawan dalam melakukan sesuatu yang penting bagi dirinya, lingkungan, dan perusahaan. Hal ini sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan beragam peluang kepada karyawan untuk menciptakan dampak positif terhadap lingkungan. , ” jelasnya.

Program ini mencakup beberapa kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan dan mempromosikan bakat perempuan. Salah satunya, Women in Sales Engagement Program (Program Keterlibatan Wanita dalam Penjualan), merupakan serangkaian lokakarya dengan topik seperti kepemimpinan, menciptakan tempat kerja yang aman dan terhormat, serta meningkatkan keterampilan penjualan Anda. Program ini juga menawarkan pengaturan kerja yang fleksibel untuk mendukung karyawan yang memiliki keluarga.

Selain itu, perusahaan juga memperkenalkan program Buddy sebagai program untuk lebih meningkatkan kapasitas tenaga kerja. Inisiatif ini bertujuan untuk menjamin keselamatan tenaga penjualan wanita saat bekerja dan mengunjungi outlet, ujarnya.

Melia menjelaskan, program ini menghubungkan setiap pekerja dengan “teman” yang ditugaskan untuk mendampingi mereka selama berkunjung. Dengan menyediakan pendamping, program ini menjamin keselamatan di area berisiko tinggi, sehingga secara signifikan mengurangi risiko terjadinya insiden yang tidak diinginkan. 

“Inisiatif ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri dan produktivitas karyawan perempuan dalam mengatasi masalah keselamatan, namun juga mencerminkan komitmen perusahaan dalam menciptakan lingkungan kerja yang mendukung dan aman,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *