Peringati Hari Otak Sedunia, Simak 8 Jus Ampuh Cegah Pikun

Jakarta – Hari Otak Sedunia diperingati setiap tanggal 22 Juli. Perayaan tersebut diselenggarakan oleh World Federation of Neurology (WFN) yang berbasis di Brussels, Belgia.

Melansir laman RRI, perayaan Hari Otak Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global terhadap kesehatan otak dan edukasi mengenai gangguan saraf. Harapannya, setiap orang menerapkan kebiasaan yang dapat menjaga fungsi kognitif.

Berdasarkan laman resmi WFN, tema Hari Otak Sedunia 2024 adalah Kesehatan dan Pencegahan Otak.

WFN melaksanakan inisiatif ini dengan bekerja sama untuk mendukung kesehatan otak dan pentingnya tindakan pencegahan.

WFN juga menyelenggarakan lokakarya daring dalam rangka perayaan Hari Otak Sedunia 2024 bertajuk Implementing the Global Intersectoral Action Plan for Epilepsy and Other Neurological Disorders.

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan otak dan mencegah masalah neurologis adalah dengan minum jus. Dengan mempertimbangkan manfaat kesehatan, berikut daftar jus terbaik untuk kesehatan otak.

Jus terbaik untuk kesehatan otak

1. Jus cranberi 

Blueberry kaya akan senyawa flavonoid yang disebut antosianin, yang membantu meningkatkan kesehatan mental. Selain itu, minum 1-2 gelas jus cranberry di pagi hari bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak.

2. Jus delima

Buah delima mengandung polifenol yang berperan penting dalam menjaga kesehatan otak.  Minum jus buah delima 250 ml per hari dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar. Sebaiknya dikonsumsi pada pagi hari atau sebelum beraktivitas.

3. Jus bit

Kandungan nitrat pada buah bit juga berperan penting dalam menjaga fungsi otak. Nitrat juga meningkatkan pelebaran pembuluh darah sehingga memperlancar aliran darah ke otak. Hasilnya, fungsi kognitif meningkat. 

4. Jus wortel

Jus wortel mengandung luteolin untuk melindungi otak. Minum segelas jus wortel setiap hari dapat membantu meningkatkan kesehatan kognitif. 

5. Jus bayam

Bayam mengandung antioksidan (lutein) yang membantu membersihkan racun dari otak dan mencegah penurunan kognitif yang disebut demensia. Sangat ideal untuk meminum jus bayam di pagi hari. 

6. Jus jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C yang dapat melindungi otak dari stres oksidatif. Orang dengan kadar vitamin C yang tinggi dalam darahnya memiliki daya ingat dan fokus yang lebih baik. Minum segelas sehari dapat meningkatkan kejernihan mental dan kesehatan otak secara keseluruhan.

7. Jus kangkung

Kangkung kaya akan antioksidan dan vitamin A dan C. Jus kangkung dapat mendukung kesehatan otak dan fungsi kognitif. 

8. Jus tomat

Tomat mengandung senyawa likopen yang bermanfaat melindungi sel otak dari kerusakan. Hasilnya, segelas jus tomat setiap hari dapat melindungi kesehatan kognitif untuk menjaga kesehatan otak tetap optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *