Liga 1 Dihentikan Sementara, Erick Thohir: Keputusan Terbaik untuk Klub dan Timnas Indonesia U-23

JAKARTA – PSSI menjelaskan kebijakan penundaan pertandingan Piala Asia U-23 adalah untuk melindungi timnas Indonesia dan klub-klub divisi satu.

Kebijakan penghentian sementara liga diharapkan membuat timnas U-23 Indonesia bisa fokus penuh di Piala Asia U-23, dan klub tidak kehilangan kekuatan utamanya di pentas penting kompetisi tersebut.

Presiden PSSI Eric Thohir memahami PSSI harus mengambil keputusan terbaik karena timnas dan kompetisi sama pentingnya. Eric berharap terobosan penampilan timnas di level internasional bisa diimbangi dengan kompetisi yang cocok untuk semua klub.

“Sebagai otoritas tertinggi sepak bola Indonesia, PSSI tentunya berkewajiban mempersiapkan timnas dan menjaga kepentingan klub. Oleh karena itu, kebijakan penghentian sementara pertandingan Piala Asia U-23 merupakan langkah dan solusi terbaik,” E kata Riek dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Di sisi lain, Eric juga mengetahui saat ini banyak klub yang memasuki agenda kompetisi penting. Oleh karena itu, setiap klub harus dikecualikan dan diperlakukan secara adil.

“Karena PSSI memahami bahwa klub-klub di saat yang sama menghadapi agenda yang sangat ketat. Ada tim yang berjuang untuk lolos ke babak kejuaraan, ada tim yang berada di papan tengah, dan ada tim yang berjuang untuk degradasi, jadi saya pikir Daya tarik pemain itu buruk bagi klub,” kata Eric.

Eric mengatakan, liga sejak awal telah memberikan pengecualian kepada klub-klub yang pemain U-23-nya telah direkrut. Begitu pula dengan syarat penggunaan pemain U-23 yang tidak bisa digunakan oleh klub tempat pemain tersebut dipanggil.

Eric mengatakan, saat ini penghentian sementara kompetisi merupakan solusi terbaik untuk mendapatkan perlakuan yang setara.

Eric berharap pelatih kepala Shin Tae-yong dapat mengumpulkan tim terbaiknya di sela-sela pertandingan. Dengan susunan pemain terbaiknya, momentum timnas yang sangat baik saat ini bisa tetap terjaga.

Apalagi timnas sedang menunjukkan tren positif dan tentunya masyarakat sepak bola sudah sangat menantikan hasil yang diraih timnas. Apalagi timnas mempunyai momentum yang baik setelah berhasil meraih medali emas SEA Games dan lolos ke babak kualifikasi. Asian Games.” Berhasil mencapai 16 besar Piala Asia dan berpeluang lolos ke Piala Dunia, dan kini juga berpeluang lolos ke Olimpiade. “kata Eric.

“Itulah yang memotivasi kami untuk melakukan yang terbaik untuk tim nasional dan membuat sejarah.”

PSSI dan operator liga PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan untuk menunda pertandingan pekan ke-31 Liga 1 2023/2024 demi kepentingan timnas U-23 yang mengikuti Piala Asia U-23. 15 April hingga 3 Mei, atau hingga selesai.

Hal itu ditegaskan dalam surat PSSI nomor 1367/UDN/815/III-2024 tertanggal 30 Maret perihal penundaan Liga 1 2023/2024.

Musim reguler Liga 1 2023/2024 telah mencapai 30 pekan pertandingan dengan sisa 4 pertandingan. Empat tim teratas di musim reguler akan lolos ke Seri Kejuaraan untuk bersaing memperebutkan kejuaraan. Saat ini, hanya Borneo FC yang memuncaki klasemen dan sudah memastikan lolos ke seri Championship. (Semut)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *