Cara Mudah Memitigasi Risiko Usaha Rental Mobil

Jakarta, 16 Juni 2024 – Setiap pengusaha pasti ingin usahanya berjalan berkelanjutan. Persiapan modal, operasional dan mitigasi risiko merupakan hal yang sangat penting, termasuk bagi pemilik usaha rental mobil.

Memberikan keamanan tambahan untuk mengurangi dampak peristiwa bencana merupakan langkah penting yang harus diambil. Pemilik bisnis rental mobil seringkali menghadapi risiko pencurian yang bisa terjadi kapan saja.

Head of PR, Marcomm and Events Asuransi Astra, Laurentius Iwan Pranoto menekankan pentingnya memastikan polis asuransi digunakan untuk tujuan komersial.

“Jika mobil sewaan yang hilang ditanggung oleh asuransi mobil, Anda harus memastikan bahwa penggunaan yang tercantum dalam polis adalah penggunaan komersial, bukan penggunaan pribadi,” ujarnya, dikutip VIVA Otomotif dalam keterangan resmi.

Selain itu, Iwan menjelaskan, berdasarkan pasal 3 ayat 1.2 PSAKBI, asuransi tidak menjamin kerugian akibat penyalahgunaan, penipuan, atau hipnotis. Namun jika mobil tersebut dicuri oleh pencuri (bukan penyewa), pengaduan dapat diajukan.

“Jika mobil sewaan dicuri oleh pencuri saat sedang digunakan, keadaan tersebut masuk dalam kategori pencurian yang ditanggung oleh perusahaan asuransi,” tambah Iwan.

Untuk memastikan klaim dapat dikumpulkan, pemilik usaha rental mobil sebaiknya memperhatikan beberapa hal. Pertama, penggunaan kebijakan harus bersifat komersial. Kedua, identitas penyewa harus diverifikasi dengan kartu identitas dan dokumen resmi lainnya.

Ketiga, Surat Izin Mengemudi dan STNK sewaan serta mobil harus berfungsi. Keempat, pengemudi tidak dalam pengaruh alkohol atau obat-obatan terlarang serta tidak melanggar peraturan lalu lintas. Iwan juga menyarankan penggunaan dashcam pada mobil rental agar lebih mudah dalam perbaikan.

“Dashcam dapat digunakan sebagai bukti pendukung laporan polisi yang kuat ketika terjadi kerugian sehingga memudahkan klaim diterima oleh perusahaan asuransi,” ujarnya.

Pemilik polis juga disarankan untuk memeriksa polis mereka dengan hati-hati, mengamankan cakupan dan perluasan cakupan jika diperlukan.

Ada dua jenis pertanggungan utama yaitu komprehensif dan TLO (Total Loss Only). Memastikan keamanan yang baik akan memberikan rasa aman dan nyaman yang lebih besar bagi pemilik bisnis rental mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *