Penampilan Pratama Arhan Sebagai Model Jersey Teranyar Suwon FC Tuai Kritikan Netizen

Jakarta – Kemunculan Practama Arhan sebagai model seragam baru klub asal Korea Selatan Suwon FC menuai beragam reaksi dari warganet. Suwon FC, tim K League 1, telah merilis jersey ketiga terbaru musim 2024 melalui akun Instagram klub pada Rabu, 17 Juli 2024.

Dalam unggahan tersebut, pemain nasional Indonesia Pratama Arhan dipandang sebagai salah satu modelnya. Foto tersebut mendapat puluhan ribu suka dari netizen, dan menuai banyak kritik.

Banyak netizen yang mengkritik Suwon FC karena menggunakan Arhan hanya untuk tujuan pemasaran dan bukannya memberikan kesempatan bermain penuh. Unggahan itu penuh dengan kata-kata buruk.

“Direkrut bukan untuk jadi pemain tapi jadi brand ambasador,” tulis salah satu warganet.

“Beri dia permainan. Kalau tidak, jual dia ke klub lain,” imbuh warganet lain.

“Aku sudah lama muak lihat FC ini. Apa maksudnya? Awalnya masih berpikir jernih, tapi kok bisa bangga,” tulis warganet.

Kritik serupa datang dari seorang netizen yang mengatakan, “Demi masyarakat saja.”

Tak sedikit orang yang mengira Arhan hanya menggunakan tayangan dari perusahaan “Jangan jadikan Pratama Arhan sebagai tayangan!” Kata warganet lainnya.

Kritik ini menunjukkan bahwa hal tersebut bukan tanpa alasan. Arhan hanya mendapat waktu bermain selama tiga menit di Suwon FC atau hanya menjalani satu pertandingan di K League 1. Waktu itu terjadi saat Suwon menang 0-1 melawan Jeju United pada 26 Mei 2024.

Kurangnya keseimbangan antara kesempatan bermain dan program dukungan klub membuat netizen kecewa terhadap Suwon. Banyak yang merasa Arhan hanya dijadikan sebagai alat pemasaran ketimbang musisi hebat yang diberi kesempatan untuk berkembang.

 Hal ini mengingatkan netizen akan perkataan Justin Hubner, pemain Cerezo Osaka, yang juga merasa dimanfaatkan untuk mempopulerkan klubnya di media sosial.

“Mereka hanya memanfaatkan saya untuk kepentingan publik,” kata Hubner dalam postingan Instagram baru-baru ini.

Reaksi ini menunjukkan betapa besarnya harapan dan perhatian masyarakat terhadap generasi muda berbakat seperti Pratama Arhan. Netizen berharap Suwon FC memberikan kesempatan baik bagi Arhan untuk menunjukkan kemampuannya bermain di lapangan, bukan hanya sekedar menjadi model atau alat pemasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *