Isu Anggaran Makan Siang Gratis Jadi Rp7.500, Bisakah Penuhi Kebutuhan Anak? Ini Jawaban Ketua IDAI

VIVA Lifestyle – Isu makan gratis yang dicanangkan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gebran Rakabuming Raka masih menjadi sorotan publik. Baru-baru ini anggaran makan gratis dikabarkan akan diturunkan lagi dari Rp 15.000 per anak menjadi Rp 7.500 per anak.

Pemotongan anggaran makan siang gratis sama sekali tidak masuk akal. Apalagi, jumlah bahan makanan akhir-akhir ini terus meningkat. Mari kita lanjutkan menelusuri artikel lengkapnya di bawah ini.

Apakah anggaran tersebut dapat memenuhi kebutuhan gizi anak? Terkait hal tersebut, Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr. Bebrim Basara Yanwarsu, Sp.A(K) angkat bicara.

“Mungkin 7.500 rupee bisa untuk tiga butir telur. Satu butir telurnya sekitar 2.500 rupee kan?” Ucapnya saat ditemui awak media di Markas IDAI Salimba, Jakarta Pusat, Selasa, 23 Juli 2024.

Jika kita melihat untuk mendapatkan nutrisi yang lengkap untuk anak. Dengan budget makan siang gratis sebesar Rs 7.500, Anda cukup mencukupi kebutuhan nutrisi Anda.

Saya tidak tahu di daerah mana satu butir telur cukup. Kalau 7.500 atau lebih bisa memenuhi aspek gizi, kalori, protein dan lain-lain. cukup.” “Mungkin saja, ya.”

Biprem menjelaskan, anggaran makan siang sebesar Rp7.500 saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan anak-anak. 

“Anggaran ini menurut saya belum cukup. Makanan sehat memang mengandung makronutrien yang lengkap. Ya, ada karbohidrat, protein, lemak, dan serat,” ujarnya.

Namun dengan anggaran makan siang per anak sebesar Rp7.500, seharusnya pemerintah bisa mengatasi hal tersebut agar kebutuhan gizi anak tetap terpenuhi, jelas Beprem.

Jangan sampai anggaran terbuang untuk makanan yang tidak bergizi.

“Saya kira masalah ini juga bisa diselesaikan, asalkan 7.500 rupiah untuk anak. Jangan sampai setengah atau sepertiganya untuk anak. Saya kira Indonesia kaya akan pangan lokal dan protein lokal,” ujarnya.

“Protein lokalnya seperti sate telur puyuh di warung bubur yang harganya Rp 2.500, dan sate hati ayam yang harganya juga Rp 2.500. Dan menurut saya proteinnya juga enak banget murah,” tambah Bibrim. kamu peduli dengan kandungan nutrisinya, jangan asal beli kue.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *