AHM Ternyata Pangkas Bobot Honda Beat Terbaru, Ini Alasannya

Jakarta, 4 Juni 2024 – PT Astra Honda Motor (AHM) akan menghadirkan All New Honda BeAT setelah mendapat update terakhir di tahun 2020. Tak hanya desain dan fitur, bobot Beat baru ini diturunkan dari sebelumnya. model.

Artinya, bobot Honda BeAT lebih ringan 3 kg dibandingkan model sebelumnya. Takuro Nakamura, kepala proyek BeAT, mengatakan bobot mesin juga berkurang 400 gram.

“Kenapa hanya 400 gram, kami juga melihat kualitas, keunikan dan keawetannya. Setelah dipikir-pikir, yang terbaik adalah 400 gram,” kata Takuro Nakamura saat peluncuran di Cikarang, Jawa Barat, Senin, 3 Juni 2024.

Pengurangan bobot Honda Beat dilakukan berdasarkan analisis CAE untuk mengetahui profil optimal agar bentuknya tidak berubah. Model Honda BeAT Street kini mendapat revisi suspensi.

“Seperti yang terlihat, tidak ada yang berubah pada rangkanya. Tidak ada yang berubah pada suspensi. Karena Street 12 menggunakan ring, maka ada penyesuaian suspensi,” jelas Nakamura.

Selain pengurangan bobot motor sebesar 400 gram, model Deluxe Smart Key dan BeAT Street tidak lagi memiliki kick arm atau kick start seberat 1 kg. Honda juga mengganti batang belakang, yang sebelumnya terbuat dari baja ulet, dengan polipropilena yang diperkuat kaca, sehingga bobotnya berkurang 600 gram.

Cara yang kami lakukan adalah dengan melakukan analisis berdasarkan sinyal yang sempurna. Untuk mesinnya, kami mencoba memeriksa semuanya menggunakan analisis CAE (Computer Alded Engineering), kata Nakamura.

Sedangkan untuk mesinnya, Beat baru menggunakan sistem knalpot 110cc SOHC dan PGM-FI yang merupakan bagian dari rangkaian teknologi eSP (Enhanced Smart Power). Model ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 6,6 kW pada 7.500 rpm dan torsi maksimum 9,2 Nm pada 5.500 rpm, sekaligus hemat bahan bakar.

Soal harga, Honda Beat Type CBS baru dijual Rp. 18.430.000 (On The Road Jakarta), Tipe Standard Deluxe dipasarkan dengan harga Rp. 19.300.000 (On The Road Jakarta), Deluxe Smart Key Type varian pamungkas All New Honda BeAT dibanderol 19.300.000 (On The Road Jakarta). 19.830.000. All New Honda BeAT Street akan dijual dengan harga Rp. 19.300.000 (Di Jalan Jakarta. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *