Mobil Listrik Andalan Donald Trump Pernah Uji Coba di Luar Angkasa

VIVA – Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump menjadi perbincangan dunia setelah ia tertembak di telinga kanannya saat kembali berkampanye untuk upayanya menjadi orang nomor satu di Amerika Serikat.

Namun, selain kasus tersebut, seperti diketahui Donald Trump memiliki ketertarikan khusus terhadap mobil. Koleksi mobilnya antara lain Ferrari F430, Mercedes-Benz SLR McLaren, Mercedes-Benz Maybach dan Tesla Roadster.

Dari seluruh mobil yang dimilikinya, Tesla Roadter menjadi mobil favoritnya dan kerap dikagumi karena kendaraan ramah lingkungan ciptaan Elon Musk ini memiliki kemampuan yang cukup luar biasa.

Roadster adalah produk Tesla yang paling mewah. Pemesanan mobil listrik tersebut sudah dibuka sejak tahun 2017, dan Elon Musk berjanji akan mengirimkan unitnya ke konsumen secara global pada tahun 2023.

Namun pengiriman unitnya tertunda sehingga kepemilikan mobil tersebut memakan waktu bertahun-tahun. Saat kran pemesanan dibuka, dikabarkan harganya sebesar 200 ribu USD atau setara Rp 3,2 miliar.

Mobil memukau tersebut dibekali baterai lithium-ion 200 kWh yang berukuran sangat besar. Maka tak heran jika berdasarkan pengujian internal mereka, jarak tempuhnya diklaim mencapai 998 km.

Roadster juga mempunyai tenaga yang sangat kuat, torsinya mencapai 10 ribu Nm. Kecepatan maksimumnya lebih dari 400 kilometer per jam, dan hanya membutuhkan waktu 1,9 detik untuk berlari dari keadaan diam hingga 100 kilometer per jam.

Tenaga besar tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis ke seluruh roda. Berdasarkan laman resmi Tesla, pelanggan yang berminat dapat membayar uang muka sebesar $45.000 atau setara Rp700 juta.

Mobil atap terbuka ini hanya memiliki dua pintu dan mampu menampung 4 penumpang, meski dua penumpang di baris kedua hanya opsional, dan ruangnya cukup kecil untuk orang dewasa.

Sebelum Roadster menjadi perhatian dunia, selain sebagai mobil listrik tercepat di muka bumi, Elon Musk selaku pemilik SpaceX menggunakan roket Falcon Heavy untuk meluncurkan mobil tersebut ke luar angkasa.

Secara spesifik, pada tahun 2018, Roadster mengelilingi cakrawala dan melanjutkan perjalanan dengan kecepatan 82.263 kilometer per jam dengan boneka penumpang mirip astronot.

Dilansir dari situs Whereisroadster, mobil tersebut telah menempuh jarak 1,2 miliar kilometer di luar angkasa sejak pertama kali diluncurkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *