Fungsi 9 Fitur ADAS di Mobil Listrik Neta V-II yang Bikin Aman Berkendara

Bandung, 11 Juli 2024 – Mobil listrik Neta V-II tak hanya hadir dengan desain dan baterai model sebelumnya, namun juga dilengkapi dengan 9 fitur Advanced Driving Assistance System (ADAS). Dimana, lebih banyak versi Neta V.

Ini termasuk Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Vehicle Early Start Warning (FSA), Full-Speed ​​​​Cruise Control (ACC), Traffic Jam Assist (TJA), Cruise Assist- (ICA), Lane Peringatan Keberangkatan (LDV), Sistem Penjagaan Jalur Darurat (ELKS), dan High Beam Assist (HBA).

“Jadi kini model ADAS lebih lengkap sehingga pelanggan merasa lebih aman dan nyaman mengendarai kendaraan listrik Neta V-II,” kata Wahyu Handaya, Training Manager PT Neta Auto Indonesia (NAI) di Bandung, Jawa Barat. 9 Juli 2024.

VIVA Otomotif berkesempatan menguji beberapa fitur ADAS pada Neta V-II dalam acara media test drive di Kota Kembang. Salah satunya adalah full-speed adaptive cruise control (ACC).

Fitur ini sangat berguna saat mobil agak macet atau di lampu merah. Fitur ini memungkinkan mobil secara otomatis beradaptasi dengan kecepatan mobil di depannya sehingga memberikan kenyamanan lebih bagi pengemudinya.

Selain itu juga terdapat Traffic Jam Assist (TJA) yang sangat membantu dalam mengatasi kemacetan, dengan mengontrol akselerasi dan kecepatan kendaraan secara otomatis. Saat memasuki kawasan lalu lintas sepi, Integrated Cruise Assist (ICA) memberikan bantuan tambahan dengan menjaga jarak aman dari kendaraan di depan.

Cara mengaktifkan fitur ADAS Neta V-II dengan menekan tuas transmisi sebanyak dua kali pada kecepatan 10 km/jam. hingga simbol ADAS muncul di panel instrumen.

Berikut penjelasan singkat mengenai 9 fitur ADAS NETA V-II:

FCW (Forward Collision Warning) Fitur ini berfungsi mendeteksi potensi tabrakan di depan. Peringatan akan muncul berupa suara dan video di monitor.

AEB (Automatic Emergency Braking) Fitur ini memungkinkan mobil melakukan pengereman darurat ketika dirasa akan terjadi kecelakaan. Pembubarannya dilakukan sesuai dengan tingkat bahaya yang dihadapi.

FSA (Front Vehicle Start Alert) Terdapat pesan tentang kendaraan jika kendaraan atau benda di depannya telah bergerak. Mode FSA berguna saat kamera berhenti di lampu merah.

Teknologi ACC (Full-Speed ​​​​Adaptive Cruise) membantu memudahkan pengemudi. Jadi pengemudi tidak perlu menginjak pedal gas.

TJA (Traffic Jam Assist) Fitur TJA mirip dengan ACC, namun khusus mengatur pembukaan gas dan rem pada situasi kemacetan lalu lintas. Alhasil, pengendara bisa mengistirahatkan kakinya.

ICA (Integrated Cruise Assist) Berfungsi untuk mengatur jarak di depan kendaraan. Sehingga dapat meningkatkan rasa aman saat melakukan perjalanan.

LDW (Lane Departure Warning) menjaga kecepatan NETA V-II dengan bantuan rambu-rambu jalan. Sehingga ketika pengemudi tanpa sadar mengabaikan peringatan tersebut.

ELKS (Emergency Lane Keeping System) untuk mengoreksi kecepatan kendaraan saat pengemudi tidak sadar meninggalkan jalur. Cara ini juga mengandalkan marka jalan.

HBA (High Beam Assist) Keunggulan fitur HBA adalah ketika Anda memasuki area tanpa lampu jalan. Komputer akan menyesuaikan lampu untuk mengaktifkan sinar tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *