Menpora Dito Beri Kabar Baik soal Nasib Maarten Paes di Timnas Indonesia

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dito Ariotedjo memberikan kabar gembira soal masa depan Maarten Paes. Ia berharap kiper FC Dallas itu segera memperkuat timnas Indonesia.

Paes efektif menjadi WNI pada April 2024. Namun sejauh ini, ia belum bisa membela timnas Indonesia.

 FIFA memiliki aturan bahwa pemain tidak boleh bermain di negara lain jika ingin berpindah organisasi setelah berusia 21 tahun. Oleh karena itu, meski Paes berkewarganegaraan Indonesia, namun ia tidak bisa mewakili Timnas Indonesia. 

PSSI terus menggugat Paes di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). Menurut PSSI, Paes masih berpeluang mengamankan timnas meski sejauh ini belum ada indikasi Paes akan memperkuat tim Garuda. 

Terkait hal itu, Menpora Dito menyebut Paes bisa segera mempromosikan Timnas Indonesia. Eric Tohir, Wakil Ketua Umum PSSI, menceritakan hal tersebut kepadanya.

Kemarin Maarten Paes, Pak Erick Thohir (Ketum PSSI) bilang, Insya Allah September sudah bisa main,” kata Dito, tvOnenews, Selasa 16 Juli 2024.

Meski menjalani masa uji coba yang cukup lama, Dito Ariotedjo terus memantau perkembangan gelandang FC Dallas tersebut.  “Itu sedang ditangani PSSI dan kita lihat saja nanti apa yang terjadi,” kata Dito.  

Selain itu, Dito Ariotedjo mengumumkan akan ada pemain yang bergabung dengan Timnas Indonesia. Ketimbang mencari pemain nasional yang akan dilahirkan, Dito mengaku menginginkan database pemain muda yang masih memegang paspor Indonesia.  

PSSI masih berupaya untuk menjaga diaspora, karena kemarin kami minta tahun-tahun pertama untuk menjaga diaspora, jadi tidak perlu hanya mengeluarkan paspor untuk warga negara, tapi kita lihat saja nanti, kata Dito.  

  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *