Momen Panglima Koopsudnas Jajal Jet Tempur Rafale Buatan Prancis Menembus Cakrawala Langit Jakarta

JAKARTA – Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsekal Udara (Marsdia) TNI Tedi Rizalihadi berkesempatan terbang di langit Jakarta pada Kamis, 25 Juli 2024 menggunakan jet tempur canggih Rafale milik TNI AU Prancis.

Dalam kesempatan tersebut, Lanud Halim Perdanakusuma terbang bersama pilot pesawat tempur TNI AU Perancis di kursi belakang Pangkupsudnas dan melakukan manuver di langit Jakarta.

Seperti dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dispenau, Jumat 26 Juli 2024, penerbangan ini merupakan salah satu agenda rangkaian misi Pegas 2024 dan Indonesia menjadi salah satu negara yang dikunjungi di kawasan Indo-Pasifik.

Sebelum menaiki penerbangan, Pangkoopsudnas terlebih dahulu menjalani pemeriksaan kesehatan dan mendapat pengarahan keamanan yang dihadiri perwira tinggi TNI AU dan Komandan Misi Pegas Brigjen Guillaume Thomas.

Belakangan, Rafale dalam manuver 70 menit di angkasa membawa jenderal bintang tiga TNI AU itu menyusuri cakrawala. Usai penerbangan, Pangkoopsudnas Marsdia TNI Tedi Rijalihadi mengaku sangat puas karena merasakan kemampuan Rafale dengan teknologi terkini di dalam pesawat generasi kelima tersebut.

Penerbangan tersebut menandai langkah penting dalam memperdalam hubungan bilateral Indonesia dan Perancis, khususnya di bidang pertahanan. Hal ini juga menunjukkan komitmen Indonesia untuk terus meningkatkan kemampuan pertahanan udara dengan teknologi terkini.

Seperti diketahui, pesawat tempur Rafale produksi Dassault Aviation Perancis merupakan salah satu pesawat tempur generasi kelima yang diincar TNI AU di masa depan. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertahanan menandatangani perjanjian kerja sama dengan pabrikan Dassault Aviation untuk membeli 42 jet tempur Rafale. Pesawat canggih ini rencananya akan tiba di Indonesia pada tahun 2026 untuk memperkuat alutsista TNI AU.

Beberapa perwira TNI AU pun turut hadir dalam momen bersejarah penerbangan kursi belakang jet tempur Rafale buatan Prancis tersebut. Diantaranya, Asops Kasau Marsda TNI Mingit Tribowo, Askomlek Kasau Kasau TNI I Made Sushila Adnyana, Kaskupsudnas Marsda TNI Donald Kasenda, Pangkupsud I Marsda TNI Mohammad Noordin, dan Danlud TNI Mohammad Noordin, serta Danlud TNI Manias Marthosmanast.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *