7.000 Atlet Menyusuri Sungai di Pembukaan Olimpiade 2024 Paris

VIVA – Upacara pembukaan Olimpiade 2024 diawali dengan parade 7.000 atlet menyusuri Sungai Seine melewati monumen bersejarah ibu kota Prancis.

Upacara pembukaan Olimpiade Paris akan dimulai pada Jumat waktu setempat atau Sabtu pagi WIB pada 27 Juli 2024. Pembukaan Olimpiade kali ini untuk pertama kalinya digelar di luar stadion.

Secara tradisi, kontingen Yunani mendapat kehormatan memimpin armada, tempat lahirnya gerakan Olimpiade modern.

Dalam parade yang lebih ambisius dan berisiko lebih tinggi dibandingkan upacara pembukaan sebelumnya, para atlet berlayar menyusuri sungai dengan armada yang terdiri dari 85 perahu.

Upacara Pembukaan Olimpiade menggabungkan budaya dan sejarah Perancis dengan momen-momen Olimpiade yang luar biasa di masa lalu. Bintang pop Amerika Lady Gaga menjadi orang pertama yang tampil dan memukau penonton pada upacara tersebut.

Meskipun ada prediksi akan terjadi hujan lebat dan serangan “sabotase” yang akan melumpuhkan jaringan kereta api berkecepatan tinggi Prancis pada Jumat pagi, penyelenggara yakin mereka dapat melanjutkan upacara pembukaan.

Ketua penyelenggara Olimpiade Tony Estanguet mengatakan sebelum pertunjukan bahwa akan ada beberapa perubahan jika hujan turun, namun menekankan bahwa cuaca tidak akan mengurangi atmosfer.

“Ini akan menjadi momen yang menyenangkan, ini akan menjadi perayaan besar,” kata Estanguet, dilansir AFP, Sabtu dini hari.

Upacara pembukaan Olimpiade dijaga oleh 45.000 polisi dan petugas paramiliter, serta 10.000 tentara dan 22.000 penjaga keamanan swasta. Penembak jitu polisi ditempatkan di deretan gedung pencakar langit di sepanjang sungai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *