Ratusan Perwira TNI Dimutasi, Pangkogabwilhan III, Pangkostrad, hingga Pangdam Jaya Diganti

Jakarta – Direktur Jenderal TNI Agus Subiyanto kembali melakukan perubahan besar posisi di TNI. Tak sampai separuhnya, kali ini sebanyak 256 perwira tinggi (Pati) dari satuan TNI kita mengalami pergantian jabatan.

Berdasarkan informasi yang diterima VIVA Army, pemindahan atau pemindahan jabatan 256 Perwira Tinggi TNI (Pati) tersebut dilakukan sesuai Surat Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/851/VII/2024 tentang pembatalan dan pengangkatan jabatan di TNI yang ditandatangani Kepala Staf TNI Brigjen (Brigjen) TNI Riksan Gumay pada 24 Juli 2024.

Di antara 265 TNI Pati yang digantikan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, ada beberapa yang terbelalak dan tugasnya berganti. Diantaranya adalah Panglima Gabungan Wilayah Militer III (Pangkogabwilhan III), Panglima Pasukan Keamanan (Pangkostrad), dan Panglima Kodam Jaya. 

Seperti dilansir VIVA Army melalui salinan Surat Keputusan Gubernur TNI, pada Sabtu, 27 Juli 2024, Pangkogabwilhan III menggantikan Pangkogabwilhan III yang sebelumnya dijabat Letjen Richard Tampubolon pada jabatan barunya sebagai Kepala Staf, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. Tentara Nasional Indonesia (Kasum TNI). 

Letjen TNI Richard Tampubolon dipercaya menjabat Kepala Staf TNI menggantikan Letjen TNI Bambang Ismawan yang kini pensiun di Kantor TNI AD Pati karena akan memasuki seluruh dinas atau akan menarik prajurit TNI AD dari dinas.

Belakangan, posisi Pangkogabwilhan III saat ini dijabat oleh Dirjen TNI Bambang Trisnohadi yang sebelumnya menjabat Pangdam IX/Udayana Bali.

Selain itu, Panglima TNI juga menggantikan Pangkostrad yang dipimpin Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa. Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mempercayakan Letjen TNI Saleh Mustafa pada jabatan barunya sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto yang kembali ke pangkalan untuk tugas liburan atau dinas penuh.

Setelah itu, jabatan Pangkostrad kini dijabat oleh Mayjen (Mayjen) TNI Mohammad Hasan yang sebelumnya menjabat Pangdam Jaya. Kemudian proyek Pangdam Jaya akan diisi oleh Panglima TNI Rafael Granada Baay yang sebelumnya menjabat Pangdam V/Brarawijaya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *