Mobil Listrik Mirip Honda HR-V Siap Dijual Tahun Depan di RI

Viva – Pertumbuhan kendaraan listrik di dunia sangat pesat, banyak produsen mobil berlomba-lomba menghasilkan produk ramah lingkungan. Apa yang dilakukan Honda Motor Company, Ltd. di pasar global.

Merek asal Jepang ini sangat aktif bermitra dengan perusahaan teknologi dan merek mobil di China untuk mempercepat pengembangan kendaraan listriknya.

Salah satu produk barunya adalah Honda e:N1 yang diluncurkan PT Honda Prospect Motor (HPM) di Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2024 di ICE BSD, Tangsel.

SUV stun gun berbentuk seperti HR-V dengan konfigurasi 5 penumpang, mobil tersebut merupakan wujud nyata dari e:Prototype yang akan melakukan debut globalnya di Thailand pada tahun 2022.

Berdasarkan desain e:N arsitektur F, mobil listrik baru ini dilengkapi dengan baterai lithium-ion yang ditempatkan di lantai tengah untuk mencapai pusat gravitasi yang lebih baik.

Belum ada kabar mengenai spesifikasi lengkap e:N1, namun mesin ramah lingkungan ini didukung arus searah alias DC, fast charging.

Jadi kalau baterainya 10 persen, hanya butuh waktu 45 menit untuk mengisi 80 persen. Sedangkan pada sepeda motor listrik, dinamo bertugas memutar roda depan.

Dari segi desain eksterior, yang membedakan dengan HR-V biasa adalah bagian depannya, tidak memerlukan ventilasi udara, grill untuk pendingin mesin pada versi reguler, sehingga biasanya tersegel seperti EV.

Sementara di bagian samping tak ada perbedaan, meski dengan garis dan pilar bodi, bukaan pintu di baris kedua masih sama, handle berada di antara jendela dan kemiringan parah seperti coupe.

Dengan spek tersebut, produsen mobil berlogo H vertikal itu berharap e:N1 mendapat respon positif, dengan HR-V versi reguler masih menjadi tulang punggung penjualan.

 “Tahun depan pasti kita mulai, kita pelajari cara penjualannya seperti apa,” kata Direktur Penjualan dan Pemasaran dan Purna Jual PT HPM Yuzak Billi di ICE BSD, Tangerang, dikutip 19 Juli 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *