Salah Baca Ombak, Rio Waida Harus Rela ke Babak Eliminasi Olimpiade Paris

Paris – Peselancar Indonesia Rio Waida mengakhiri eliminasi di Olimpiade Paris 2024 dengan menempati posisi ketiga di babak pertama.

Pada pertemuan pertama di Pantai Teahupo’o, Tahiti, Polinesia Prancis, Sabtu, 27 Juli 2024 sore setempat, Rio mencatatkan dua gelombang terbaik dengan total masing-masing 5,74 poin dan 5,17 poin dan 0,57 poin.

Pada heat kedelapan, Rio bertanding melawan wakil Jepang Reo Inaba yang menempati posisi pertama dengan total tujuh puluh dan 12,76 poin, dan duta besar Italia Leonardo Fioravanti di posisi kedua dengan total 8,87 poin.

Berita Antara Minggu 28 Juli 2024, kompetisi dimulai pada heat ke-8 dengan Fioravanti memenangkan gelombang pertama dan mencetak delapan puluh poin 4,70. Tak lama kemudian, Inaba mendapatkan gelombang pertama dan mencetak 5,43 poin.

Rio berseragam merah terus mencari ombak dan akhirnya memanfaatkan peluang untuk meraih poin pertama pada menit ke-11. Peselancar Jepang-Jawa ini berhasil menaiki tube atau mengarungi gulungan ombak hingga titik pertamanya.

Persaingan semakin memanas saat Inaba mengikuti gelombang kedua dengan memperoleh skor awal tertinggi sebesar 7,33 poin.

Waktu hampir habis dan lima menit tersisa Rio mendapat peluang lagi. Namun, peselancar berusia 24 tahun itu salah menilai gelombang pertama dan pecah sehingga ia tidak bisa menunjukkan kemampuan penuhnya di gelombang kedua.

Fioravanti kemudian menggunakan sisa waktunya untuk menandai bobot akhir dengan 4,17 poin.

Hasil babak pertama menunjukkan Inaba dengan skor tertinggi langsung melaju ke babak ketiga, dengan Fioravanti dan Rio di dua peringkat terakhir selamat dari babak penyisihan babak pertama dan melaju ke Olimpiade Paris 2024.

Pada babak penyisihan, Rio akan menghadapi peselancar Afrika Selatan Jordy Smith di babak ketiga.

Olimpiade Paris 2024 untuk kedua kalinya mewakili Indonesia di babak 16 besar Olimpiade Tokyo 2020 yang digelar pada tahun 2021 karena pandemi COVID-19.

Rio mendapatkan tiket ke Olimpiade 2024 setelah lolos ke World Surfing Games 2024 pada Maret dari International Surfing Association (ISA) di Arecibo, Puerto Rico.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *