Pemudik di Indonesia Jangan Iri, Malaysia Gratiskan Jalan Tol untuk Mudik Lebaran 2024

Malaysia, 1 April 2024 – Pemerintah Malaysia kembali menerapkan kebijakan insentif Hari Raya Aidilfitri 2024. Warga bisa menikmati skema tol gratis saat mudik saat lebaran.

Seperti dilansir VIVA Otmotif dari The Straits Times pada Senin, 1 April 2024, dalam kebijakan tersebut disebutkan bahwa panggilan telepon akan gratis selama dua hari. Dimulai pukul 00:01 waktu setempat pada hari Senin, 8 April dan berakhir pada pukul 23:59 waktu setempat pada hari Selasa, 9 April.​

Selanjutnya, alun-alun tol akan dibuka bagi pengguna kendaraan pribadi Tipe 1 di jalan tol tersebut tanpa hambatan. Namun pengecualian ini tidak berlaku untuk alun-alun tol di Johor dan Tanjong Kupang, serta alun-alun di Kompleks Sultan Iskandar.​

Dengan dibukanya tol gratis ini, jumlah kendaraan diperkirakan bertambah 2,46 juta kendaraan per hari. Biaya kebijakannya sendiri diperkirakan sebesar 37,6 juta ringgit (sekitar Rp126,3 miliar).

Menteri Pekerjaan Umum Malaysia Alexander Nanda Rindzi mengatakan keputusan tersebut memprihatinkan dan merupakan langkah untuk berbagi kegembiraan Hari Raya Idulfitri dengan seluruh masyarakat Malaysia.​

Sementara itu, Wakil Menteri Pekerjaan Umum Datuk Seri Ahmad Maslan mengatakan Departemen Pengelolaan Jalan Tol juga akan mengerahkan lebih dari 4.500 personel di seluruh ekosistem jalan tol untuk memastikan respons cepat selama musim Natal.

“PLUS (Otoritas Jalan Tol Malaysia) memiliki 70 staf yang ditempatkan di pusat pemantauan lalu lintas selama jam sibuk harian untuk memantau, mengumpulkan dan menyebarkan informasi lalu lintas terkini dan memberikan rencana jalan mereka sendiri kepada pengguna jalan tol tersedia di aplikasi MyPLUS-TTA,” ujarnya.

Jumlah korban di Indonesia terus meningkat

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimurjono menegaskan, kenaikan harga menjelang musim mudik lebaran bukan upaya mencari keuntungan. Hal ini juga berlaku bagi perusahaan manajemen dan pemerintah.

Pernyataan itu muncul setelah dilakukan penyesuaian tol di beberapa ruas jalan jelang musim balik sekolah, antara lain Tol Jakarta Cikampek (Japek) dan Tol Mohamed Bin Zayed.・Biaya Terpadu Simpang Susun (MBZ) akan diberlakukan. menjadi sebagai berikut. Efektif tanggal 9 Maret 2024.

Dikatakannya, penyesuaian tol terintegrasi tersebut berdasarkan PUPR Nomor 250/KPTS/M/2024 tanggal 2 Februari 2024 tentang Penyesuaian Tol Terpadu Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated yang dilaksanakan oleh Menteri I menjelaskan bahwa ada. jumlah order.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *