Hindari Kematian Mendadak dengan Kontrol Kesehatan Jantung Anda, Ini yang Perlu Dilakukan

VIVA – Kematian mendadak atau kematian mendadak bisa disebabkan oleh berbagai faktor kesehatan, seringkali tidak disadari. Namun, salah satu penyebab kematian mendadak bagi banyak orang adalah serangan jantung.

Di sinilah serangan jantung terjadi karena adanya penyumbatan tiba-tiba pada arteri koroner sehingga mengurangi aliran darah ke jantung. Oleh karena itu, memantau kesehatan jantung adalah kunci untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan dan mencegah penyakit kardiovaskular.  Berikut beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung.

Semuanya? Gulir untuk membaca artikel selengkapnya di bawah ini dengan mengutip berbagai sumber.

Makan makanan sehat Pilih lemak sehat: Makanlah lemak tak jenuh seperti yang ditemukan dalam minyak zaitun, alpukat, dan ikan berlemak (seperti salmon dan tuna). Batasi lemak jenuh dan lemak trans: Kurangi asupan lemak jenuh dan hindari lemak trans, yang biasa ditemukan pada makanan olahan dan gorengan. Perbanyak serat: Makanlah banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan untuk mendapatkan serat yang menyehatkan jantung. Kurangi asupan gula dan garam: Hindari makanan dan minuman yang tinggi gula dan garam, seperti makanan olahan dan minuman berkarbonasi.

Olahraga aktif secara fisik secara teratur: Lakukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik intensitas sedang atau 75 menit aktivitas aerobik intensitas kuat, seperti jalan cepat, joging, bersepeda, atau berenang, setiap minggunya. Latihan kekuatan: Lakukan latihan kekuatan dua kali seminggu untuk meningkatkan kesehatan otot dan tulang. Hindari merokok dan minum terlalu banyak alkohol:

Berhenti merokok: Merokok merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Berhenti merokok dapat meningkatkan kesehatan jantung secara signifikan.

Batasi asupan alkohol Anda. Dibatasi satu minuman per hari untuk wanita dan dua minuman per hari untuk pria.

Kelola teknik pengurangan stres: Gunakan teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau latihan pernapasan untuk mengurangi stres. Aktivitas yang menyenangkan: Luangkan waktu untuk melakukan hobi dan aktivitas yang Anda sukai untuk membantu mengurangi stres.

Tidur yang cukup dan berkualitas: Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup berkualitas, sekitar 7 hingga 8 jam setiap malam. Pola Tidur: Usahakan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari untuk mengembangkan pola tidur yang baik.

Pertahankan indeks massa tubuh (BMI) yang sehat: Jaga BMI Anda dalam kisaran yang sehat, antara 18,5 dan 24,9. Ukuran pinggang: Jagalah lingkar pinggang Anda dalam batas yang sehat, yaitu kurang dari 102 cm untuk pria dan kurang dari 88 cm untuk wanita.

Periksa tekanan darah dan kolesterol Anda secara teratur: Periksa tekanan darah dan kadar kolesterol Anda secara teratur dan ikuti saran dokter Anda untuk menjaga keduanya dalam kisaran yang sehat. Obat yang diresepkan: Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi atau kolesterol, ikuti obat yang diresepkan oleh dokter Anda dan jangan lupa dosisnya.

Hindari duduk aktif dalam waktu lama di tempat kerja: Jika Anda bekerja di depan komputer, pastikan Anda berdiri, melakukan peregangan, atau berjalan kaki singkat setiap jam.

Hindari makanan rumahan: Cobalah memasak makanan Anda sendiri untuk mengontrol bahan-bahan yang digunakan dan memastikan makanan lebih sehat.

Oleh karena itu, Anda harus dapat memasukkan kebiasaan sehat ini ke dalam rutinitas harian Anda untuk meningkatkan kesehatan jantung secara signifikan dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum memulai program olahraga atau kesehatan baru, terutama jika Anda memiliki kondisi medis yang mendasarinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *