5 Kebiasaan Baik Ini Perlu Diajarkan pada Anak Sejak Dini, Salah Satunya Menabung

VIVA – Banyak orang mengira bahwa karakter dan sifat anak adalah bawaan sejak lahir. Padahal, karakter orang dewasa merupakan hasil dari kebiasaan-kebiasaan baik yang dipupuk sejak kecil.

Ya, Saat tumbuh dewasa, anak cenderung meniru orang-orang di sekitarnya, terutama orang tuanya. Di sana, peran penting orang tua adalah membentuk kebiasaan anak sejak dini. 

Orang tua bisa memulainya dari hal paling sederhana dan mengulanginya dalam kehidupan anak sehari-hari. Lantas, apa saja hal yang sebaiknya diajarkan kepada anak sejak dini tentang dasar karakter orang dewasa? Datang dan lihat.

1. Makan makanan bergizi. 

Para orang tua tentu memahami pentingnya mengonsumsi makanan bergizi untuk memastikan anak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya. Di samping itu, Menerapkan pola makan sehat bisa menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua. 

Untuk mengatasinya, orang tua harus menjadi teladan dengan memberikan makanan bergizi setiap hari. Bila perlu, ajak anak untuk saling mengenal dan menyiapkan makanan keluarga untuk menambah motivasi.

2. Ucapkan “tiga kata ajaib”.

Tiga kata ajaib “tolong”, “permisi”, dan “terima kasih” mengajarkan anak bagaimana memprioritaskan perilaku. Mereka akan menghormati orang lain dan membentuk lingkungannya sebagai individu yang sensitif.  

Jadi ketika seseorang melakukan sesuatu yang baik untuk anak-anak, Ketika Anda ingin meminta bantuan orang lain, Selalu ajari anak untuk mengatakan “Saya minta maaf” ketika melakukan kesalahan. 

3. Hormati orang lain.

Orang tua juga harus mengajarkan kepada anaknya bahwa setiap orang mempunyai hak dan kedudukan yang sama, meskipun mereka berasal dari ras yang berbeda. Sikap menghargai orang lain ini bisa diajarkan melalui hal-hal sederhana; Salah satunya adalah tidak membeda-bedakan dalam menjalin pertemanan. 

4. Jadilah aktif.

Menurut situs Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, anak memerlukan olahraga berat dan sedang selama 60 menit. Selain memperkuat dan mempertajam koordinasi tubuh, aktivitas fisik juga bisa mengurangi kecanduan gadget lho, Ma. 

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, orang tua mengajak anaknya lari atau jalan santai pagi. Mereka cukup mengajak anaknya bermain di taman atau bersepeda berkeliling lingkungan sekitar. 

5. Simpan. 

Saya tahu, mengajarkan anak menabung adalah hal yang sebaiknya dilakukan sejak kecil dan bisa dilakukan sejak kecil. Kebiasaan menabung mengajarkan anak untuk mengelola keuangannya. Latih mereka untuk bertanggung jawab dan sering-seringlah melatih mereka untuk disiplin. 

Nah bertepatan dengan Hari Anak Nasional tanggal 23 Juli ini, kamu bisa memberikan kado spesial untuk buah hatimu dengan membuka Tabungan BRI Junio ​​ya Moms. 

Dana ini ditujukan untuk anak usia 0-17 tahun. Tabungan BRI Junio ​​merupakan produk tabungan yang dilengkapi secara khusus dengan fasilitas dan fitur menarik untuk kebutuhan anak. 

Tabungan BRI Junio ​​Open Tabungan ini bebas biaya pengelolaan. Dimulai dengan deposit pertama sebesar Rp 50.000 ditambah biaya kartu. Sementara itu, Minimal saldo hanya Rp 25.000. 

Dengan tabungan khusus anak, orang tua bisa menanamkan kebiasaan menabung sejak dini. Penghematan ini juga dapat membantu orang tua memilih sekolah terbaik untuk anak mereka sesuai motivasi mereka.

Pembukaan rekening Tabungan BRI Junio ​​kini online, Lebih nyaman karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. BRI Junio​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​ 

Tak hanya itu, banyak keuntungan menabung di Tabungan BRI Junio. Ibu-ibu. Salah satunya adalah program khusus pembukaan program tabungan BRI Junio ​​berhadiah saldo BRImo hingga Rp 500.000 hingga tiket KidZania.

Program rewards ini berlaku mulai 1 Juni hingga 31 Agustus 2024. Informasi lebih lanjut mengenai program ini dapat dilihat di bbri.id/junioplan24. Selain menggalang dana untuk pendidikan anak Anda sejak dini, para ibu juga bisa memberikan hadiah berupa voucher KidZania.

Buka Tabungan BRI Junio ​​melalui BRImo untuk menanamkan kebiasaan menabung sekaligus merayakan Hari Anak Nasional dengan lebih bermanfaat. Selamat Hari Anak Nasional!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *