Kepergok Uji Coba Jalan, Kenapa Suzuki Fronx Gak Hadir di GIIAS 2024

VIVA – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) diam-diam meluncurkan mobil terbarunya sebagai pengganti Ignis yang sudah tidak diproduksi lagi. Desain mobil baru ini mirip dengan Suzuki Frank.

Meski sempat terlihat di jalan raya saat pengujian, ternyata Suzuki Frank tidak dihadirkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show atau pameran GIIAS 2024 yang digelar di ICE BSD, Tangerang.

Di pameran otomotif tersebut, mereka baru saja meluncurkan Suzuki eVX sebagai mobil listrik pertama mereka di pasar global. Lantas kapan Suzuki Franck akan ditawarkan ke publik atau mulai dijual?

Terkait hal tersebut, Direktur Pemasaran 4V PT SIS, Harold Donnell, masih enggan merahasiakan informasi saat peluncurannya, terutama menanggapi foto mata-mata tersembunyi Fronk yang tertangkap kamera.

“Kami mohon maaf, saat ini kami belum bisa berkomentar lebih jauh mengenai dokumen tersebut,” ujarnya kepada Viva Otomotif, Kamis, 25 Juli 2024.

Melalui unggahan beberapa akun media sosial Instagram, terlihat mobil compact SUV berlogo Suzuki melaju di jalan berpelat nomor Jakarta namun tetap berkamuflase.

Jika dilihat dari desain eksteriornya, sekilas terlihat seperti Suzuki Frank. Mobil tersebut merupakan versi mewah dari Baleno, strategi serupa diterapkan di Indonesia dengan menggunakan Ertiga menjadi XL7. Bedanya, Baleno lahir sebagai hatchback dan berevolusi menjadi SUV kompak, seperti yang dilakukan Honda dengan menyulap Jazz menjadi HR-V yang paling laris di kelasnya.

Dijual di India sejak tahun lalu, Frank memiliki konfigurasi 5 penumpang mirip Baleno, namun dinaikkan untuk menonjolkan kesan crossover. Jadi ada perubahan di bagian kaki-kaki. Dimensinya lebih kecil dibandingkan HR-V, Yaris Cross, atau Grand Vitara karena hanya memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.765 mm, dan tinggi 1.550 mm serta jarak gardan depan dan belakang 2.520 mm. Artinya sedikit lebih besar dari Baleno, namun jika dilihat dari ukurannya, mobil terbaru Suzuki ini kemungkinan besar akan bersaing dengan Honda VR-V, Toyota Raize, atau Daihatsu Rockie. Bahkan sempat muncul dugaan bahwa kehadiran Fronco merupakan pengganti Ignis yang meramaikan segmen city car dan kini ditingkatkan menjadi SUV kompak namun dengan harga lebih murah. Di India, Suzuki Franck memiliki dua powertrain. Yang pertama bermesin bensin tiga silinder turbo 1.000cc yang dilengkapi dengan hybrid ringan, dan yang kedua 1.200cc tanpa teknologi hybrid ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *