Bisa-bisanya Pemilik Fortuner Pelat Dinas TNI Ganti Pelat Hitam di Hari Libur

VIVA – Sebuah Toyota Fortuner yang diduga menggunakan plat merah untuk melayani TNI AD viral di media sosial dan digunakan pada hari libur dan menjadi pusat perhatian netizen terkait aturan penggunaan kendaraan dinas tersebut.

Melalui unggahan video Instagram @lowslowmotif, sebuah mobil Toyota Fortuner berwarna hitam berpelat nomor militer terlihat di sebuah toko buah di pinggir jalan raya pada Minggu, 2 Juni 2024.

Namun puncaknya adalah ketika seorang pria paruh baya berbadan tegap turun dari mobil untuk mengganti plat nomornya menjadi plat nomor sipil dengan warna dasar hitam.

“Baru-baru ini seorang pria tertangkap kamera sedang mengganti plat nomor mobilnya yang berwarna merah menjadi hitam. Video tersebut diunggah pada Minggu (2 Juni 2024) oleh akun ‘buhe023’ dengan caption ‘Bekerja di pemerintahan itu menyenangkan’, demikian bunyi status tersebut.

Belum diketahui lokasi kecelakaan, namun jika melihat tanda berwarna hitam yang menunjukkan kode inisial L, kode tersebut digunakan untuk kendaraan bermotor di wilayah Surabaya, Jawa Timur.

Jika melihat Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 87 Tahun 2005, kendaraan dinas hanya digunakan untuk tugas penting dan dibatasi pada hari kerja kantor.

Kendaraan dinas hanya digunakan dalam kota, kecuali bila meninggalkan kota atas izin tertulis dari kepala kantor pemerintahan atau pejabat yang ditunjuk sesuai kewenangannya.

Terkait kendaraan dinas yang dilarang untuk digunakan pribadi, hal ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil sebagaimana tercantum dalam Pasal 8. Dijelaskan ada tiga sanksi yaitu ringan, sedang, dan berat.

Artinya, mobil perusahaan dapat digunakan untuk keperluan dan kebutuhan dinas, bukan untuk keperluan pribadi.

Namun, seperti diketahui, tidak semua mobil berplat TNI disediakan negara untuk bekal; ada pula yang memerlukan tanda pengenal khusus ini untuk kendaraan pribadi milik anggota.

Toyota Fortuner dengan nomor registrasi resmi ini merupakan model terbaru yang pertama kali muncul di Indonesia pada tahun 2016 dan masih diproduksi hingga saat ini. SUV tujuh tempat duduk ini tersedia dengan pilihan mesin diesel dan bensin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *