Cuaca Panas Ekstrem Membunuh 500.000 Orang Setiap Tahun

VIVA Techno – Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada Kamis 25 Juli 2024 menyoroti meningkatnya ancaman panas di dunia.

Gelombang panas baru-baru ini diperkirakan membunuh hampir setengah juta orang setiap tahunnya, totalnya 30 kali lebih banyak dibandingkan badai.

“Kami tahu apa penyebabnya, perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia dan perubahan iklim yang disebabkan oleh bahan bakar fosil. Dan kami tahu bahwa hal ini semakin buruk,” kata Guterres kepada wartawan.

“Panas ekstrem merupakan hal yang tidak biasa. Namun kabar baiknya adalah kita dapat menyelamatkan nyawa dan membatasi dampaknya,” tambahnya.

Dia menekankan bahwa panas ekstrem akan semakin menghancurkan perekonomian, meningkatkan kesenjangan, melemahkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB dan membunuh banyak orang.

Guterres mengatakan dia akan meluncurkan permintaan global dengan empat bidang fokus, seperti merawat kelompok yang paling rentan, meningkatkan perlindungan pekerja, dan membangun ketahanan ekonomi dan sosial melalui data dan sains.

“Terakhir, saya ingin menyampaikan satu poin penting. Saat ini kita fokus pada dampak panas ekstrem, namun kita tidak boleh lupa bahwa krisis iklim memiliki banyak gejala buruk lainnya, termasuk badai yang semakin dahsyat, banjir, kekeringan, dan hutan. Kebakaran, kenaikan permukaan air laut dan masih banyak lagi,” kata Guterres.

Ia mengatakan G20 harus mengalihkan subsidi dari bahan bakar fosil ke energi terbarukan dan mendukung negara dan komunitas yang rentan.

“Ini semakin panas. Peristiwa cuaca ekstrem berdampak besar terhadap manusia dan planet ini. Dunia harus menghadapi tantangan kenaikan suhu,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *