Tajir Melintir Ini Koleksi Mobil Dirut Kimia Farma yang Dicopot Erick Thohir

VIVA – Menteri BUMN Erick Thohir telah melakukan perombakan direksi perusahaan farmasi milik negara, di mana ia mencopot Direktur Utama PT Kimia Farma Tbk David Utama, dan menggantikannya dengan Djagad Prakarsa Dwialam.

Pergantian manajemen senior tersebut sesuai hasil rapat pemegang saham tahunan atau RUPS Kimia Farma, kemarin, Selasa 25 Juni 2024. Namun selain itu, ada hal menarik yang perlu diperhatikan saat mengukur sutradara pertama.

David Utama menjabat sebagai CEO Kimia Pharma sejak tahun 2022, sebelumnya beliau merupakan mantan Presiden Direktur PT Medela Potencia atau anggota PT Dexa Medica sebagai perusahaan farmasi.

Kiprahnya di industri farmasi bermanfaat dalam hidupnya. Hal itu terlihat dari harta kekayaannya yang diungkapkan melalui LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) pada tahun 2022.

Pertunjukan ini adalah yang pertama dan terakhir kalinya. Kekayaan pendiri Tigasatu Media Pratama mencapai Rp31,113 miliar, yang paling utama adalah tanah dan bangunan.

Properti tanah dan bangunan milik David Utama senilai Rp 26 miliar, hanya ada dua lokasi di Jakarta Selatan dan Singapura. Lalu bagaimana dengan koleksi mobil yang didapatnya?

Meski kaya raya, mantan Chairman General Electric Indonesia ini hanya membeberkan dua bagian dari total koleksi mobil mewahnya senilai Rp 1,7 miliar.

Pertama BMW 523i tahun 2011 senilai Rp 1,2 miliar dan kedua Audi Q5 tahun 2013 yang ditaksir seharga Rp 500 juta dua tahun lalu.

Mobil termahal adalah sedan, model teratas di lini BMW. Menurut situs jual beli online, kondisi bekas saat ini hanya Rp 200-300 juta untuk tipe dan tahun pembuatan yang sama.

BMW Seri 5 diimpor pada tahun itu, dan tidak dirakit oleh PT Gaya Motor di Sunter seperti generasi terbaru saat ini. Ditenagai mesin bensin 2.497cc yang bertenaga 204 hp dan torsi 250 Nm.

Tenaga disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis 8 percepatan, fitur keselamatan standar meliputi rem ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake Distribution).

Secara dimensi, BMW 523i besutan David Utama ini lebih mewah dan kencang dibandingkan Seri 6 atau Seri 7. Panjang keseluruhan 4.899 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.464 mm, jarak as roda depan dan belakang 2.968 mm.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *