Sudah Disahkan, Liga 1 2024/2025 Pakai 8 Pemain Asing

Rapat Umum Tahunan (RUPS) VIVA – PT Liga Indonesia Baru (LIB) dilaksanakan pada Rabu, 26 Juni 2024 di Jakarta. Dalam rapat yang diikuti para pemegang saham selama 18 tahun 2024/2025 tersebut, telah disepakati beberapa keputusan. Anggota Liga 1 dan PSSI yakni.

Salah satunya dengan diberlakukannya aturan baru pemain asing di Liga 1 musim depan yang akan bertambah dari enam menjadi delapan pemain asing.

“Ada delapan pemain asing, hanya enam yang ada di skuad dan Anda bisa bermain bersama mereka. Pemain asing bisa dari Asia atau luar Asia,” kata CEO PT LIB Ferry Paulus.

Ferry Paulus mengatakan, dari delapan pemain asing tersebut, maksimal enam pemain yang boleh tampil di lapangan. Pemain asing yang tersisa harus duduk di bangku cadangan.

Mungkin ada delapan pemain asing di skuad, tapi enam pemain boleh bermain. Semuanya gratis. “Bisa Asia atau non-Asia,” tambah Ferry Paulus.

“Jika pemain asing di bangku cadangan ingin bermain, harus mengganti pemain asing lainnya, maka masing-masing klub bisa menurunkan 23 pemain untuk pertandingan tersebut,” kata mantan pelatih Persiji Jakarta itu.

Selain itu, PT LIB dan PSSI mengubah aturan pemain U-23 menjadi pemain U-22 yang wajib bermain sebagai starter minimal 45 menit.

Selain itu, setiap tim juga mempunyai batasan pengeluaran pemainnya. Setiap klub bisa mengeluarkan dana maksimal Rp 50 miliar untuk pemain. “Ini (R50 miliar) batas belanjanya,” lanjut Ferry.

Selain itu, hadiah Liga 1 2024-2025 mengalami kenaikan sebesar 50 persen. Hal ini untuk meningkatkan kemeriahan persaingan. “Total penghargaannya berkisar antara Rp5 miliar hingga Rp7,5 miliar,” pungkas CEO PT LIB.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *