Hujan Ganda Akan Terjadi Mulai Hari Ini

LIVE Techno – Para pengamat bintang akan segera disuguhi pemandangan langka dan menakjubkan di langit, hadirnya hujan meteor ganda.

Peristiwa ini akan menampilkan dua hujan meteor berbeda, Alpha Capricornids dan Southern Delta Aquarians, yang puncaknya bersamaan.

Hujan debu terjadi ketika Bumi melintasi jalur orbit komet, meninggalkan puing-puing di luar angkasa.

Ketika puing-puing ini memasuki atmosfer bumi, ia terbakar dan menghasilkan kilatan cahaya yang dikenal sebagai meteor atau “bintang jatuh”.

Pada hujan meteor ganda ini, Bumi akan melewati Komet 96P/Machholz yang menyebabkan Southern Delta Aquariids dan Komet 169P/NEAT yang menyebabkan Alpha Capricornids.

Alpha Capricorn akan mencapai puncaknya antara 30 dan 31 Juli 2024, sedangkan Southern Delta Aquarians akan mencapai puncaknya sedikit lebih awal, antara 29 dan 30 Juli 2024.

Ini adalah peristiwa langka di mana dua hujan meteor mencapai puncaknya dalam waktu 24 jam satu sama lain, menurut Nicholas Moskowitz, Astronom Hijau di Observatorium Lowell, seperti dilansir Live Science.

Hujan meteor ini berbeda karakteristiknya. Akuarium Delta Selatan biasanya menghasilkan sekitar 20 hingga 25 meter per jam, tetapi meteor ini sangat lemah.

Jadi, untuk menikmati pemandangan ini, sebaiknya Anda berada di tempat yang gelap dan jauh dari cahaya buatan. Anda juga harus menyesuaikan mata dengan kegelapan untuk melihat meteor-meteor gila ini.

Di sisi lain, Alpha Capricornids kurang terlihat, tetapi ketika mereka terlihat, meteor-meteornya lebih terang dan lebih spektakuler.

Meteor-meteor ini seringkali mengandung partikel marmer yang menghasilkan “bola api” terang ketika terbakar di atmosfer.

Tempat terbaik untuk melihat hujan meteor ganda ini adalah di belahan bumi selatan, dimana titik radian (titik asal penampakan meteor) akan berada hampir tepat di atas kepala.

Namun masyarakat yang tinggal di belahan bumi utara masih bisa melihat hujan meteor ini jika memiliki pandangan jelas ke arah selatan.

Hujan meteor ganda ini akan berlangsung hingga pertengahan Agustus sehingga ada banyak kesempatan untuk menyaksikan peristiwa tersebut.

Untuk pengalaman terbaik, cobalah menghindari cahaya buatan dan lihatlah ke langit setelah tengah malam, karena hujan meteor biasanya paling aktif.

Jadi, jika Anda penggemar langit malam atau sekedar ingin melihat fenomena alam yang menakjubkan, jangan lewatkan kesempatan melihat hujan meteor ganda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *