Kemenkominfo: IKN adalah Proyek Jangka Panjang

Usman Kansong, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik VIVA Tekno – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengatakan, perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 pada 17 Agustus 2024 merupakan peristiwa penting sejarah perpindahan ibu kota. , serta perbaikan infrastruktur Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara.

Dijelaskannya, upacara pengibaran bendera merupakan bagian penting dalam perjalanan pengembangan IKN yang masih dalam tahap pembangunan.

“IKN itu proyek jangka panjang sampai tahun 2045. Jadi, jangan dibayangkan semuanya sudah siap untuk upacara pengibaran bendera,” tegas Usman Kansong.

Pernyataan Dirjen IKP Kementerian Komunikasi dan Informatika tersebut merupakan bagian dari pemaparan di IKN mengenai persiapan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang pertama.

Berbagai persiapan terus dilakukan, termasuk pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) yang akan bertugas pertama kali di IKN Nusantara.

Rima Agristina, Wakil Direktur Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), mengatakan paskibraka menjadi unsur penting dalam persiapan upacara 17 Agustus di IKN.

Ia mengatakan, paskibraka (capaska) yang menjanjikan ini disiapkan setelah melalui banyak tahapan. Kapaskas adalah wakil laki-laki dan perempuan teratas dari 38 negara bagian, yang dipilih mulai Januari 2024.

Rima kemudian menjelaskan tahapan pelatihan capaska. Saat ini, 76 kapaska, 38 laki-laki dan 38 perempuan dari masing-masing provinsi mengikuti tahap pendidikan dan pelatihan (diklat) tingkat pusat di Jakarta, tepatnya di Taman Hiburan Wiladatika Cibubur.

Pusdiklat Capaska menerapkan Sistem Desa Bahagia, yaitu metode yang menggambarkan kehidupan Desa Bahagia, miniatur Indonesia dimana setiap warganya mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Pelatihan Capasca berfokus pada pembelajaran, pelatihan dan perawatan intensif. Proses pembelajaran aktif yang dilakukan meliputi penyampaian Ideologi Pancasila dan pembekalan nilai-nilai kebangsaan yang disampaikan oleh staf BPIP.

“Saat ini latihan sudah sampai pada tahap berbaris, membentuk formasi, dan latihan pengibaran bendera. Setelah memantau proses latihan, akan diadakan upacara pembukaan pada tanggal 9 Agustus dengan nama kapaska paskibraka. Setelah itu paskibraka akan berangkat nusantara ke menjalankan berbagai misi,” jelas Rima.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *