Universitas Terbaik Program Innovilage, UMSU Sabet Penghargaan dari Tel-U

Viva – Universitas Muhammadan Sumatera Utara (UMSU) berhasil meraih penghargaan Best University Program InnoVillage 2023 kategori Peserta dengan Best Endorser. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Rektor UMSU Profesor Dr. Dr. Agusani, Auditorium UMSU Jalan Muchtar Basri Kota Medan, Jumat 25 Juli 2024.

Penghargaan tersebut diberikan karena sejak tahun 2021, mahasiswa UMSU telah berkontribusi dalam inovasi dan kreativitas dalam program InnoVillage yang diselenggarakan oleh Telkom University (Tel-U). Kemudian pada tahun 2022, tim UMSU menjadi juara pertama pada ajang tersebut dan meraih hadiah senilai Rp45 juta.

Pada tahun 2023 ini, piala dan apresiasi pembinaan senilai Rp 50 juta diserahkan langsung kepada Rektor Telkom University (Tel-U). Dr. Adiwijaya, S.Si., M.Si. Dikatakannya, antusiasme mahasiswa UMSU untuk mengikuti program InnoVillage sangat luar biasa.

Adibaijaya menyampaikan antusiasme UMSU sangat luar biasa, setiap tahunnya selalu mengikuti kegiatan ini dan akhirnya berhasil meraih penghargaan universitas terbaik.

Sekitar 800 peserta mengajukan proposal, 160 proposal didanai, dan 22 di antaranya berasal dari UMSU, kata Adibaijaya.

“Keikutsertaan dalam proyek sosial ini menunjukkan bahwa UMSU telah menanamkan nilai empati yang tinggi pada mahasiswanya. Hal ini menunjukkan komitmen UMSU dalam berkontribusi terhadap masyarakat.” Adibaijaya

Menerima penghargaan ini, Rektor UMSU Profesor Dr. Agusani mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas pengakuan Telkom University.

Senang rasanya bisa belajar banyak dari Tel-U untuk pengelolaan pendidikan tinggi. Semoga kita bisa berkontribusi setiap tahunnya. Agusani

Dalam kesempatan tersebut, lebih lanjut beliau berharap agar terjalin kerja sama dan kolaborasi antara UMSU dan Tel-U demi kemajuan negeri. 

Dalam kesempatan tersebut Rektor juga menginformasikan perkembangan dan berbagai capaian UMSU Selain InnoVillage, mahasiswa UMSU juga banyak meraih prestasi di kompetisi nasional dan internasional.

Sementara itu, perwakilan mahasiswa FISIP UMSU Dwi Atika Luthfia peraih InnoVillage Award 2023 mengatakan, kegiatan yang diikutinya bersama tim mengubah cara pandang mereka.

“Pengalaman ini mengubah cara pandang saya terhadap empati dan apresiasi, serta memberikan dampak positif bagi masyarakat untuk mewujudkan kesetaraan dan inklusi,” kata Devi.

Dwi dan tim mendapat bantuan dana sebesar Rp 14 juta untuk membuat proyek sosial bertajuk “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Melalui Lego Braille Bricks Bagi Siswa Yayasan Pendidikan Tunanetra Sumatera”.

Ia berharap program InnoVillage dapat memberikan lebih banyak pendanaan sehingga memberikan dampak positif kepada lebih banyak masyarakat 

Turut hadir pula WR 1 UMSU Prof Dr. Mohammad Arifin, M.Hum, WR 2 UMSU Prof.Dr. Akrim, M.Pd, WR 1 Tel-U, Dr. Dadan Rahdian, ST.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *