Zaidul Akbar Ungkap Khasiat Ajaib Kaktus Bisa Mendetox Tubuh, Bagaimana Caranya?

JAKARTA – Masih ingat cerita warga Gaza, Palestina yang makan kaktus karena kehabisan makanan? Ya, kaktus bukan sekadar tanaman hias yang banyak tumbuh di padang rumput dan daerah gersang. Ternyata kaktus tersebut sebenarnya bisa dikonsumsi. Tampaknya tidak biasa, tapi itu benar. 

Penggagas Gerakan Sehat Rasulullah atau JSR, Dr Zaidul Akbar, menemukan bahwa ada jenis kaktus yang bisa dikonsumsi. Padahal, kaktus jenis ini bisa digunakan untuk menyerap racun dalam tubuh.

“Selain buahnya, ada jenis kaktus yang bagus yang bisa digunakan untuk menyerap racun dalam tubuh kita dan juga bisa digunakan untuk menjernihkan air,” tulisnya di akun Instagram @zaidulakbar.

Zaidul Akbar mengatakan, nama kaktus yang dimaksud adalah kaktus sendok. “Namanya kaktus kaktus… Air bisa digunakan untuk mensucikan tubuh…” kata Zaidul pada caption video kaktus yang dipostingnya.

Zaidul Akbar pun menemukan resep cara mengolah kaktus agar bisa digunakan untuk detoksifikasi tubuh.

“1 lembar daun kaktus. Blender atau seduh sebagai teh herbal selama 3-6 jam. Tambahkan probiotik atau madu. Lalu diminum..ini untuk detoks. Kalau ada air bisa campur kaktusnya..lalu dimasukkan di kolam renang atau lebih baik…”, jelasnya.Makanan dan Khasiat Kaktus

Seperti dikutip dari situs WebMD, tanaman kaktus penuh duri menakutkan ternyata bisa menjadi sumber makanan bergizi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kolesterol 

Isian kaktus dan buah kaktus sama-sama tinggi serat sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol darah. 

Glikemia 

Kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh bisa jadi merupakan gejala dari beberapa penyakit, seperti diabetes, stroke, atau penyakit jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi kaktus memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui alasannya. 

Sistem kekebalan tubuh 

Buah kaktus merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, yang merupakan salah satu penguat sistem kekebalan tubuh terbaik. Dosis vitamin C yang teratur meningkatkan produksi sel darah putih, yang dapat membantu tubuh melawan virus.

Pengenceran 

Kandungan betalain dan potasium pada kaktus baik untuk pencernaan. Kalium membantu tubuh menyerap nutrisi, sedangkan betalain bersifat anti inflamasi dan membantu melindungi saluran pencernaan.

Makanan kaktus 

Buah kaktus dan salsa menyediakan berbagai vitamin dan nutrisi dengan sifat anti-inflamasi, termasuk vitamin C, vitamin A, kalium, kalsium, zat besi, omega-3.

Nutrisi per porsi 

Satu porsi kaktus mentah tanpa garam mengandung: Kalori: 24 Protein: 1,98 gram Lemak: 0,135 gram Karbohidrat: 5 gram Serat: 3,3 gram Gula: 1,72 gram Ukuran Porsi Kaktus mentah sangat rendah lemak jenuh, kalori dan kalori. Nilai gizinya bisa berubah jika Anda memasak bantalan kaktus dengan minyak, mentega, atau garam.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *