Panglima TNI Rotasi Kabinda Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto baru saja memutasi dan menugaskan kembali 256 Perwira Tinggi (Pati) TNI di lingkungan Komando TNI. 

Dari 256 TNI Pati yang diganti, beberapa perwira senior TNI yang saat ini bertugas di Badan Intelijen Negara (BIN) juga ikut diganti, termasuk Kepala Badan Intelijen Negara (Kabinda) di tiga provinsi terbesar di Pulau Jawa, yakni Cabinda. di Provinsi Jawa Barat, Cabinda Jawa Tengah dan Cabinda Jawa Timur.

Rotasi perwira senior TNI dilakukan berdasarkan Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/851/VII/2024 tentang pemberhentian dan pengangkatan jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia yang ditandatangani oleh Panglima Tentara Nasional Indonesia. Brigjen TNI Staf Umum (Brigjen) TNI Riksan Gumay pada 24 Juli 2024.

Berdasarkan VIVA Militer dari salinan keputusan, pada Senin, 29 Juli 2024, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melantik Brigadir TNI Raden Toto Oktavian yang sebelumnya menjabat Panglima Sultra menjadi Panglima Jawa Barat. . Sedangkan posisi Cabinda Sultra saat ini dijabat oleh Inf Kol Saripudin yang sebelumnya menjabat Kepala Operasional BIN Binda Sultra.

Selanjutnya, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto juga memindahkan Brigjen Sulaiman yang sebelumnya menjabat Panglima Jawa Tengah ke posisi barunya sebagai ahli intelijen tingkat menengah di Direktorat Jawa dan Bali, mewakili intelijen dalam negeri di BIN.

Di Provinsi Jawa Timur, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto juga menggantikan Brigjen TNI Fahmi Sudirman yang sebelumnya menjabat Kabinda Jatim dalam jabatan barunya sebagai Agen Intelijen Spesialis Madya Direktorat Jawa Bali, perwakilan intelijen dalam negeri di STOCK.

Selain di tiga provinsi besar di Pulau Jawa, Panglima TNI juga mengangkat perwira menengah (Pamen) hingga pangkat Kolonel TNI yang ditugaskan di Deputi Intelijen Dalam Negeri BIN hingga menjadi kepala kantor wilayah di beberapa provinsi lain. provinsi, yaitu: 

Kepala Subdirektorat Intelijen Dalam Negeri Jawa dan Bali DKI Jakarta di BIN Inf Kolonel Andi Anshar akan menjadi Wakil Kepala Intelijen Dalam Negeri Kalimantan Tengah di BIN.

Inf Kolonel Aldrin Ali Bahasoan yang sebelumnya menjabat Kepala Operasi Binda BIN Kalimantan Timur kini menjadi Panglima Kalimantan Timur (Kaltim).

Inf. Kolonel R. Harys Soeryo Mahhendro yang sebelumnya menjabat Kepala Subdirektorat Sosial Budaya pada Direktorat Analisis Sosial dan Budaya di bawah Deputi Analisis dan Produksi Intelijen BIN untuk memangku jabatan baru sebagai Cabinda Maluku.

Kolonel Korps Marinir (P) M. Hamzah Soerjo Widodo yang sebelumnya menjabat Kasubdit Jatim dan Bali Direktorat Jawa Bali, Deputi Intelijen Dalam Negeri BIN, kini menjadi Kapolri.

Sekadar informasi, pelantikan beberapa kepala daerah di lingkungan Badan Intelijen Negara (BIN) akan dilakukan dalam waktu dekat sambil menunggu keputusan Presiden RI Joko Widodo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *