Fenomena Artis Operasi Plastik Hidung karena Penyakit Sinus, Ini Alternatif Pengobatannya

VIVA – Sinusitis atau Sinusitis menjadi perbincangan warganet di berbagai platform media sosial usai kabar artis tersebut melakukan operasi plastik (oplas). Baru-baru ini, Rizky Fabian dan Mahalini menjalani operasi hidung akibat sinusitis. 

Hidung Rizky Fabian dan Mahalini terlihat lebih mancung dari sebelumnya. Sontak perubahan tersebut menuai kontroversi hingga mengundang beragam komentar dari warganet. Banyak netizen yang lebih memilih bentuk hidung asli dara cantik Bali itu dibandingkan hasil operasi plastik. 

Sinusitis adalah peradangan pada sinus di sekitar hidung dan mata. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, alergi atau polusi udara. Meski infeksi sinus bukanlah masalah kesehatan yang serius, namun rasa sakit dan peradangan yang ditimbulkannya sangat dapat mengganggu aktivitas sehari-hari

Alhasil, banyak artis yang memilih operasi plastik sebagai jalan pintas mengatasi sinusitis. Berbagai pengobatan atau pengobatan sinusitis, mengutip American College of Allergy Asthma and Immunology. 

 

1. Cuci hidung secara teratur

Prosedur irigasi hidung menggunakan air garam atau natrium klorida (NACL) untuk mengencerkan dan mengeluarkan lendir sehingga rongga hidung bersih. Larutan garam ini banyak dijual di apotek.

2. Uap air panas

Menghirup atau mengompres selama 10-15 menit juga dapat digunakan untuk mengatasi sinusitis. Uap ini membantu mengencerkan lendir sehingga mudah dikeluarkan dari hidung.

3. Pemberian Antibiotik

Antibiotik adalah pengobatan standar untuk infeksi sinus akibat bakteri. Antibiotik biasanya diberikan selama 3 hingga 28 hari, tergantung jenis antibiotiknya. Penggunaan berlebihan dapat menyebabkan resistensi antibiotik. 

Oleh karena itu, pasien sinusitis hanya menerima antibiotik pada beberapa kasus. Contohnya termasuk perubahan warna pada hidung yang berlangsung lebih dari 7-10 hari. Antibiotik membantu menghilangkan infeksi sinus dan meringankan gejala dengan melawan bakteri penyebabnya. 

4. Minum obat sinus

Antihistamin, dekongestan, dan kortikosteroid sering kali diresepkan dokter untuk penderita sinusitis. Antihistamin berguna untuk meredakan gejala alergi seperti hidung tersumbat dan bersin.

Dekongestan membantu meredakan hidung tersumbat dengan menyempitkan pembuluh darah di hidung. Sedangkan kortikosteroid bertujuan untuk menyembuhkan peradangan pada rongga sinus.

5. Semprotan hidung

Semprotan hidung dapat mencegah dan mengobati peradangan atau pembengkakan pada saluran hidung dan lubang sinus. Biasanya, obat semprot hidung mengandung kortikosteroid untuk mengatasi infeksi sinus dan mencegah kembalinya polip hidung. Penggunaan obat semprot hidung sebaiknya berdasarkan anjuran dokter. Hal ini dapat menyebabkan kecanduan jika tidak diresepkan oleh dokter.

Tidak dapat dipungkiri bahwa sinus seringkali mengganggu aktivitas sehari-hari, namun penanganan yang tepat dan tepat dapat meredakan nyeri dan peradangan dengan pengobatan. Selalu konsultasikan ke dokter ya!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *