Hobi yang Bisa Tingkatkan Kecerdasan Otak Jadi Makin Pintar

VIVA – Kecerdasan otak bukan hanya soal akademik. Termasuk juga kemampuan berpikir kritis, analitis, dan kreatif yang dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan. Kabar baiknya, kecerdasan otak tidak ditentukan oleh faktor genetik saja lho.

Ada berbagai cara untuk meningkatkan kecerdasan otak, misalnya dengan melakukan hobi. Mengutip Hindustan Times, hobi tertentu dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan Intelligence Quotient (IQ) atau kecerdasan otak.

Selain menjadi cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu luang atau melepas penat setelah seharian beraktivitas, aktivitas rekreasi menawarkan manfaat untuk meningkatkan keterampilan kognitif dan memaksimalkan potensi otak. Penasaran dengan hobinya? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Hobi Meningkatkan Kecerdasan Otak (IQ)

1. Memainkan alat musik

Hobi bermain musik seperti gitar, piano, dan biola ternyata memberikan pengaruh positif terhadap tingkat kecerdasan seseorang lho. Memainkan alat musik secara tidak langsung berarti kita akan mempelajari alat musik yang dapat meningkatkan IQ dan fungsi kognitif.

2. Menenun

Di zaman sekarang ini, sangat lumrah seseorang menghadapi stres. Penyebab seseorang sering mengalami stres adalah karena pekerjaan yang terlalu berat, pertemanan yang kurang baik, masalah percintaan dan kondisi keluarga.

Merajut terbukti memiliki efek yang baik dalam mengurangi stres. Sebab pikiran akan fokus menyambung benang-benang tersebut sehingga terciptalah sebuah kain yang utuh dan indah. Tidak hanya meningkatkan keterampilan manual, merajut juga dapat meningkatkan kecerdasan otak sehingga berdampak pada peningkatan IQ. 

3. Membaca

Membaca dinilai dapat meningkatkan kemampuan kognitif otak. Kegiatan ini juga memberikan pandangan yang luas kepada seseorang karena ia memperoleh informasi yang beragam dari setiap artikel yang dibacanya. Baik itu novel, buku biografi atau berita di Internet atau jejaring sosial. 

Membaca tidak selalu berarti buku fisik. Saat ini, banyak buku yang berformat digital sehingga dapat dibaca melalui perangkat. Jadi Anda bisa membaca kapan saja dan dimana saja. Manfaat membaca lainnya adalah meningkatkan kesadaran, lho. 

4. Latihan

Tren olahraga semakin populer di kalangan masyarakat karena meningkatnya kesadaran akan gaya hidup sehat. Selain membuat tubuh kembali bugar, latihan fisik mempunyai pengaruh baik terhadap kecerdasan otak.

Olahraga diduga dapat meningkatkan IQ karena membantu mempertajam fungsi berpikir otak. Kegiatan ini juga seringkali mengharuskan seseorang untuk menyusun strategi. Baik untuk mengalahkan lawan untuk memenangkan pertandingan maupun untuk mengontrol pernapasan dan ritme agar tidak lelah yang dapat membahayakan Anda. Olahraga juga mengurangi stres dan meningkatkan konsentrasi. 

5. Menulis

Menuliskan pemikiran secara rutin dalam jurnal (diary) diduga dapat meningkatkan IQ. Seseorang yang hobi menulis juga memiliki kemampuan analisis yang sangat baik. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *