Cicit Soekarno, Syandria Kameron Bongkar Pakaian yang Wajib Dipakai Anggota Keluarganya

JAKARTA – Sandria Cameron merupakan salah satu cucu Presiden RI Soekarno. Wajahnya mirip Lyodra Ginting hingga viral. Selain itu, putri Puti Guntur Soekarno dan Joey Cameron ini memiliki segudang prestasi yang tidak hanya mengharumkan nama keluarga, tapi juga negara.

Sebagai generasi pertama di negeri ini, Ciandria Cameron telah menjadi panutan bagi generasi muda. Salah satunya adalah gaya berbusana yang masih lebih memilih menggunakan kebaya. Scroll untuk mengetahui cerita lengkapnya, yuk!

Di era modern ini, Siandria mengenakan kebaya dalam berbagai kesempatan dan tetap mempertahankan budaya asli Indonesia. Ternyata kebaya yang dikenakannya merupakan hal wajib dalam keluarga, sehingga ia kenakan setiap hari sejak kecil.

“Keluarga saya, terutama kedua nenek saya, ibu saya dan kakek saya Soekarno, mewajibkan keluarga memakai kebaya. Jadi mereka memakai kebaya saat hari raya atau setiap hari. Saya sudah terbiasa memakai kebaya sejak kecil. Kebaya bayi ,” kata Sandria Cameron saat pemutaran perdana film tersebut di bioskop Kebaya Kala, Jakarta, baru-baru ini.

Cyandria Cameron menjadi bukti bahwa mengenakan kebaya bisa tampil gaya meski dengan pakaian adat. Ia kerap memadukan kebayanya dengan gaya modern, seperti warna atau desain kebaya yang ia kenakan dengan aksesoris atau sepatu modern.

Latihan kebaya ini juga diterapkan pada murid-murid sanggar tarinya. Kecintaan terhadap budaya Indonesia menginspirasi Cyandria Cameron untuk membangun sanggar tari Bali yang seluruh guru dan siswanya wajib mengenakan kebaya saat latihan.

“Saya punya sanggar tari Bali di dekat saya. Saya ingin siswanya berlatih kebaya. Siswa dan guru sanggar tari tidak memakai kaos, mereka mendukung dan sukarela memakai kebaya,” ujarnya.

Untuk merayakan Hari Kebaya Nasional pada 24 Juli 2024, Sandria Cameron membintangi film pendek berjudul Kebaya Kala Kini. Diproduksi oleh Yayasan Bakti Budaya Jarum, film ini juga dibintangi oleh Dian Sastrovardoyo dan Putri Marino.

Film pendek Kebaya Kala Kini mengajak perempuan Indonesia untuk mengeksplorasi makna kebaya yang tidak hanya mewakili kecantikan namun juga ketangguhan dan kelembutan perempuan Indonesia. Kebaya merupakan identitas nasional Indonesia yang mempersatukan seluruh kelas sosial dan melampaui batas wilayah nusantara.

Film ini akan tersedia di YouTube Indonesia Kaya mulai 24 Juli 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *