Motor Terlaris di Dunia akan Disuntik Mati

TOKYO, 25 Juni 2024 – Honda, perusahaan yang meraih kesuksesan global dengan sepeda motor tradisionalnya. Telah diumumkan bahwa mereka akan keluar dari pasar sepeda motor kecil pada tahun 2025.

Langkah ini diyakini karena peraturan emisi yang lebih ketat. yang akan diterapkan ke pasar Jepang pada tahun yang sama.

Menurut VIVA Otomotif dari Carscoops, Jepang telah memutuskan untuk membatasi emisi gas rumah kaca dari sepeda motor dan moped di bawah 50 cc.

Hal ini disebabkan oleh sifat mesin berdaya rendah. Merancang konverter katalitik untuk sepeda motor semacam itu merupakan sebuah tantangan. Baik dari segi teknis maupun biaya.

Akibat peningkatan e-bike, penjualan sepeda motor ringan mengalami penurunan dibandingkan penjualan tahun lalu sebanyak 92.824 sepeda motor. Menurut Nikkei Asia, lebih dari 2,78 juta unit masih dikirimkan di Jepang.

Meskipun model seperti Super Cub asli telah terpilih sebagai sepeda motor terbaik di dunia dalam beberapa survei, Media merupakan bagian penting dari warisan perusahaan Jepang tersebut, namun Honda melihat tidak ada cara untuk mempertahankan produksi sepeda motor 50cc.

Sejak diperkenalkan, lebih dari 110 juta Super Cub telah diproduksi, menjadikannya kendaraan terlaris di dunia.

Agar harga jualnya terjangkau Oleh karena itu diperlukan tambahan suku cadang agar sepeda motor kecil dapat memenuhi peraturan emisi yang baru. Harganya yang naik menjadi sekitar ¥200.000-300.000 (Rs. 25 juta-Rs. 37,5 juta) adalah harga yang sama dengan sepeda motor berkapasitas lebih besar 125cc.

Honda Jepang saat ini menjual sepeda motor kecil hingga 50cc, antara lain Super Cub, Cross Cub, skuter Benly, dan CRF50F, yang ditujukan untuk olahraga motor remaja.

Namun rencana ini bukanlah akhir dari nama Super Cub, karena model yang lebih besar, termasuk Super Cub C125, kemungkinan akan tersedia dalam beberapa waktu ke depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *