Herb Euphoria Fest 2024: Dukungan untuk UMKM Jamu

VIVA Lifestyle – Jamu merupakan kekayaan budaya Indonesia yang kaya akan nilai-nilai tradisional dan manfaat kesehatan. Minuman herbal ini telah dikenal selama berabad-abad dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Dikenal sebagai ramuan obat alami, jamu memiliki beragam manfaat bagi kesehatan dan berperan penting dalam budaya Indonesia.

Jamu tidak hanya menjadi minuman herbal, tetapi juga berperan penting dalam budaya Indonesia. Sejak zaman dahulu, jamu telah digunakan sebagai bagian dari tradisi keluarga, dimana resep jamu diturunkan dari generasi ke generasi. Minggir, oke?

Dalam rangka mendorong pengembangan usaha kecil, kecil dan menengah (MIPME), khususnya dalam pelestarian aset dan tradisi bangsa, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mendukung terselenggaranya “Herb Euphoria Fest” 2024 yang diinisiasi oleh Departemen Kehutanan. Sumber Daya Manusia BUMN. Acara bazar UKM Indonesia ini akan diadakan di Sarinah, Jakarta pada tanggal 20-23 Juni 2024 dengan mengusung tema Herbal khas nusantara.

Staf Spesialis Pengembangan UMKM dan Keuangan Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting mengatakan, direncanakan sekitar 13 pasar UMKM di Indonesia sepanjang tahun 2024. Ini merupakan langkah nyata pengembangan UMKM asal jamu indonesia.

“Proyek ini merupakan wujud nyata komitmen Kementerian BUMN dan instansi pemerintah dalam mendukung pengembangan UMKM, khususnya UMKM binaan BUMN yang bergerak di bidang farmasi di Indonesia,” kata Loto.

Razaq Manan Ahmad, EVP Pelayanan Pengembangan dan Pengelolaan PNM, mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta pasar ini dan berjanji akan mendorong UMKM sektor jamu agar bisa berkembang di kelasnya.

Razaq mencontohkan salah satu klien PNM yang mengikuti acara tersebut dan mampu mengekspor. Hal ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk merasa bangga dan membeli produk farmasi untuk UMKM. “Kalau pasar luar negeri bisa masuk, kenapa kita tidak mau beli di dalam negeri? Kalaupun levelnya lebih baik, ada izin resminya,” jelas Razaq.

Razaq juga mengajak penonton untuk percaya terhadap produk leluhur yang memiliki banyak manfaat dan patut dicoba. Selain itu, saat ini banyak bermunculan metode baru dalam fitoterapi dengan cita rasa yang menarik.

Direktur Utama PNM Arief Mulyadi mengatakan, komitmen PNM adalah terus mendorong pelanggan Mekaar agar mau dan mampu melakukan upgrade. Dengan memberikan tiga jenis modal yaitu modal, modal intelektual, dan modal sosial, Arief berharap hal tersebut dapat menjadi pemacu ide-ide kreatif untuk bersaing di pasar yang besar.

“Kami menawarkan pembiayaan, serta pelatihan bisnis. Hal ini merupakan ikhtiar kita yang harus didukung oleh kegigihan para ibu. “Kalau kemauannya ada, kalau Tuhan menghendaki, pasti terjadi,” kata Arief.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *