Tiket Museum Terlalu Murah, Pengunjung Bakal Dapat Pengalaman Murahan? Penggiat Angkat Bicara!

Jakarta – Revitalisasi museum merupakan langkah strategis penting untuk mendukung pelestarian warisan sejarah dan budaya Indonesia.

Pada Mei 2024, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI meluncurkan Badan Warisan Budaya Indonesia (IHA), organisasi layanan publik (BLU) pertama di bidang kebudayaan. Sejak resmi berdiri, IHA telah menginisiasi program revitalisasi museum dan peninggalan sejarah, seperti revitalisasi Museum Benteng Verdeburg, Museum Nasional Indonesia, dan Museum SongTer.  

Meski terdapat perbedaan pandangan mengenai keberadaan Museum dan cagar budaya BLU, penggiat museum Yosef Kelik menyoroti manfaat positif otonomi keuangan BLU dalam pengelolaan Museum dan cagar budaya. “Dengan adanya BLU khusus museum dan cagar budaya, ini merupakan peluang besar untuk mendukung pengembangan budaya dan pelestarian museum dan cagar budaya di Indonesia. Pendapatan yang dikelola secara mandiri dari biaya kunjungan museum akan digunakan langsung untuk meningkatkan pelayanan museum. dan fasilitasnya.” bisa. 

Dalam beberapa tahun terakhir kita melihat perubahan besar di dunia museum Indonesia, namun terkadang harga tiket masuk museum masih menjadi perbincangan di berbagai kalangan. “Tiket yang terlalu mahal seringkali membuat orang berpikir mereka akan mendapatkan pengalaman yang murah,” kata Yosef Kelik. Faktanya, banyak museum kini menjadi tempat yang indah dan menarik.”

“Dulu banyak museum di Indonesia yang terkenal dengan lukisannya yang kurang menarik. Bangunannya sudah tua dan suram, koleksinya kuno dan stafnya tidak antusias. Namun banyak hal telah berubah akhir-akhir ini. Kini museum telah didesain lebih modern dan menarik bahkan menjadi favorit untuk pertemuan museum. Hal ini menunjukkan seberapa besar kemajuan yang telah dicapai. Oleh karena itu, pengelola museum dianjurkan untuk melakukan hal tersebut asalkan museum yang dikelolanya bersih, koleksinya tertata dengan baik, peka terhadap tren terkini, memberikan pelayanan prima dan sering menyelenggarakan kegiatan seperti pameran temporer, diskusi/seminar bahkan pertunjukan. apa yang harus Anda lakukan: Menarik lebih banyak tiket atau meningkatkan tingkat komisi Anda untuk mendukung peningkatan layanan yang lebih baik di masa depan.” 

Hingga saat ini, harga tiket museum milik pemerintah, khususnya yang disponsori oleh BLU Badan Cagar Budaya Indonesia, berkisar antara Rp3.000 hingga Rp10.000. “Kalaupun ada peluang kenaikan biaya museum untuk meningkatkan fasilitas dan pelayanan, tentunya harus ada kebijakan harga khusus yang bisa membuat harga lebih murah atau bahkan gratis bagi kelompok pengunjung tertentu, seperti pelajar atau pelajar, untuk tujuan pendidikan,” Yosef da menambahkan. ”   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *