Jadi Motor Andalan Hakim Eman Sulaeman, Segini Harga Bekas Honda Scoopy

JAKARTA – Sepeda motor utama Hakim Pengadilan Negeri Bandung Iman Suleiman adalah Honda Scoopy. Peggy Setiawan dibebaskan sebagai tersangka kasus Vina Cirebon setelah sosoknya menjadi sorotan.

Sepeda motor matic Iman Suleiman melaporkan dalam laporan harta bendanya kepada negara periode 2023, ia dilaporkan memiliki sepeda motor Honda dengan kode NC11CF1C AT Alert 2013 senilai Rp 6,5 juta.

Dilihat dari tahun pembuatannya, sepeda motor matic ini merupakan Scoopy pertama di Indonesia dengan sistem injeksi. Perhatikan bahwa matic bergaya retro adalah yang pertama menggunakan pengapian karburator.

Pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2010 untuk meramaikan segmen matic bergaya retro, Scoopy mengusung mesin karburator 110cc yang sama dengan BAT dengan tenaga 8,2 PS pada 8.000 rpm dan torsi 8,3 Nm pada 5.500 rpm.

Akibat peraturan pemerintah mengenai emisi gas buang dan efisiensi bahan bakar, beberapa pabrikan mulai berlomba-lomba memproduksi sepeda motor injeksi bahan bakar, salah satunya diterapkan oleh Honda pada Scoopy yang dirilis pada tahun 2013 hingga 2015.

Untuk versi injeksi, volume silindernya masih sama namun tenaganya 8,4 hp dan torsi 8,9 Nm, sedikit lebih besar, namun lebih irit. Selain itu, kapasitas bagasinya sedikit diperluas dan desainnya sedikit lebih modern.

Saat ini masyarakat masih mencari sepeda motor Hakim Iman Suleiman karena harga bekasnya sangat terjangkau, kata Ivan, pemilik Maja Motor di Kecamatan Meruya, Jakarta Barat.

“Masih banyak yang mencari Scoopy FI pertama, kondisi bagus, siap pakai, harga Rp 6 jutaan tahun 2013-2015,” ujarnya kepada Viva Automotive, Rabu 10 Juli 2024.

Sepeda motor matic yang berbasis platform yang sama dengan BAT ini saat ini telah memasuki generasi kelima, yang terakhir mengalami perubahan besar pada tahun 2020.

Secara tampilan, wajah baru Honda Scoopy mengalami beberapa kali ubahan. Misalnya lampu sein depan yang tadinya berbentuk pipih dan menempel pada lampu depan, kini diluruskan atau dipanjangkan ke atas dan terpisah dari lampu depan. Apalagi aksen bolong di bagian depan juga menonjol.

Sedangkan lampunya sendiri sudah LED sehingga lebih terang dibandingkan versi sebelumnya. Tak lupa, lampu belakangnya juga mengalami perubahan model.

Scoopy baru hadir dengan Smart Architecture Framework atau eSAF yang baru dan lebih baik. Kabarnya, dengan rangka tersebut, bobot kendaraan menjadi delapan persen lebih ringan dibandingkan versi sebelumnya. Sehingga nyaman saat berkendara di permukaan jalan yang tidak rata atau berundak.

Beralih ke bagian fitur, New Honda Scoopy tampil menonjol dengan beberapa pembaharuan. Misalnya saja panel instrumen LCD yang memuat banyak informasi tentang kendaraan, soket pengisi daya ponsel, ISS, dan pengait multifungsi.

Khusus untuk varian stylish dan prestise, PT AHM dibekali fitur tambahan yaitu sistem kunci pintar yang dipadukan dengan sistem feedback dan alarm anti maling. Jadi harga Scoopy tipe baru lebih mahal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *