Toyota GR Yaris Baru Hadir di GIIAS, Mesin Makin Buas Harga Lebih Mahal

VIVA – Toyota GR Yaris merupakan produk pertama Gazoo Racing yang akan diluncurkan PT Toyota Astra Motor (TAM) di Indonesia pada tahun 2021. Mobil hatchback bertenaga ini hanya diproduksi sebanyak 25.000 unit untuk pasar global.

Sedangkan Indonesia hanya mendapat 127 unit dan terjual habis dalam waktu singkat. Namun saat itu GR Yaris hanya dibanderol Rp 850 jutaan, jauh lebih mahal dari model barunya.

Setelah mendapat sambutan positif pada edisi pertamanya, New Toyota GR Yaris kini akan dipamerkan di Gayakindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2024 yang digelar pada 18 hingga 28 Juli 2024 di ICE BSD, Tangsel.

Secara umum GR Yaris terbaru memiliki empat poin pengembangan: Pertama, transmisinya akan menjadi otomatis 8 percepatan, namun transmisi manual 6 percepatan yang ada akan tetap sama.

Transmisi pintar ini telah diuji oleh tim TGR World Rally Team dan peserta TGR Rally Challenge di berbagai trek balap.

Tim balap telah berhasil menciptakan transmisi otomatis yang mampu melakukan pergantian gigi dengan sangat cepat dan meningkatkan tenaga mesin di seluruh rentang kecepatan mesin.

Mesinnya masih menggunakan bensin tiga silinder berkapasitas 1.600cc turbo yang diklaim sebagai mesin paling irit dan bertenaga di dunia. Namun dari segi performa sudah mengalami peningkatan dibandingkan versi pertama.

Sebelumnya tenaga maksimal GR Yaris hanya 261 PS, namun di versi baru menjadi 305 PS. Torsi maksimalnya yang sebelumnya 360 Nm kini semakin kencang di angka 400 Nm.

Opsi mode berkendara baru dan optimalisasi sistem GR Four 4WD juga disertakan untuk meningkatkan tenaga. Pengemudi kini dapat memilih dari tiga mode berkendara dengan karakteristik pengendalian berbeda. Olahraga, Umum, Lingkungan.

Ini juga mencakup optimalisasi sistem GR Four dalam tiga mode. Normal, Gravel (sebelumnya Sport), dan Track dapat mengatur distribusi tenaga antara roda depan dan belakang tergantung karakteristik pengendara dan lintasan yang dikendarai.

Panel kontrol dan monitor di kursi pengemudi dimiringkan 15 derajat ke arah pengemudi untuk memudahkan pengoperasian. Posisi berkendara juga telah ditingkatkan, dengan posisi duduk pengemudi diturunkan sebesar 25 mm, sehingga meningkatkan jarak pandang dan visibilitas secara signifikan.

Secara eksternal, bemper depan sisi kanan dan kiri bawah dipisahkan sehingga memudahkan perbaikan dan penggantian suku cadang sesuai kebutuhan. Selain itu, desain bemper depan juga diubah agar aliran udara lebih baik untuk mendinginkan mesin dan pendingin ATF.

Selain itu, GR Yaris baru telah dibuat lebih kuat dengan penambahan 13% spot weld dan 24% bodi yang direkatkan, serta dudukan suspensi tiga titik telah diubah untuk meningkatkan handling dan kenyamanan.

Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimi Suwandi mengatakan, bermula dari perlunya homologasi World Rally Championship (WRC), penggunaan metode reverse engineering yang dilakukan GR menghasilkan mobil balap berbasis hatchback yang benar-benar cocok untuk transportasi sehari-hari.

“Di GIIAS 2024 kami mengumumkan penjualan GR Yaris baru. Warna baru dengan warna ikonik Platinum White Pearl dan Emotional Red dengan tambahan logam mulia Rp 1,15 miliar untuk transmisi manual dan Rp 1,198 miliar untuk transmisi otomatis (OTR DKI Jakarta). katanya. Anton.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *