Kata Erick Thohir soal Nasib Maarten Paes Bisa Bela Timnas Indonesia

VIVA – Bisa atau tidaknya Maarten Paes memperkuat timnas Indonesia masih belum terjawab. Pengumuman ini datang dari Ketum PSSI, Erick Thohir.

Maarten Paes masih belum memperkuat timnas Indonesia. Bahkan, ia resmi menjadi WNI pada akhir April 2024 lalu. 

Soalnya kiper FC Dallas itu terhalang pasal 9 FIFA tentang Transfer Tim huruf b paragraf ketiga. 

“Saat dia memainkan pertandingan resmi terakhirnya di sebuah kompetisi dengan klubnya saat ini, dia berusia di bawah 21 tahun,” bunyi Pasal 9 peraturan FIFA. 

Paes sudah enam kali bermain untuk Timnas U-21 Belanda, penampilan terakhirnya terjadi pada usia 22 tahun saat melawan Timnas Belarusia di Kualifikasi Euro U-21 2021 pada 15 November 2020.

Terkait hal tersebut, Erick Thohir memberikan kabar terkini mengenai kiper FC Dallas tersebut. Ia mengatakan PSSI masih menunggu proses pemain kelahiran Belanda itu.

“Maarten Paes, kita tunggu CAS ya? Prosesnya di CAS. Itu kan sidang, jadi kita tunggu saja,” kata Erick.

“Saya bukan hakim, saya bukan pengacara, saya juga tidak mewakili FIFA, jadi mari kita tunggu dan lihat bagaimana FIFA akan berdiskusi dengan kelompok pengacara yang bisa berada di CAS. Ini akan menjadi persidangan.” dia melanjutkan.

Timnas Indonesia membutuhkan Paes untuk memasuki babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Asia. Pada babak ini, Indonesia akan menghadapi Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China. 

Tim Indonesia harus finis minimal keempat untuk lolos ke Piala Dunia dua tahun lagi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *