Asal Usul Darah Keturunan Thom Haye di Indonesia

JAKARTA – Thom Haye sangat dekat dengan kakek dan neneknya yang berasal dari Indonesia. Hal itu terlihat dari upayanya memperkuat timnas Indonesia untuk mewujudkan impian sang nenek.

Dalam wawancara di kanal YouTube FC Afkicken yang ditayangkan Kamis 25 Juli 2024, Tom bercerita sedikit tentang hubungannya dengan sang nenek. Selama wawancara, dia bahkan tidak bisa menahan air matanya karena kegembiraan.

Bahkan, foto neneknya ia abadikan saat diunggah ke Instagram Story miliknya. Diketahui, Nenek Tom Haye adalah seorang perempuan yang lahir pada 21 September 1933 di Kawangkoan, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Di Thoreau.

Data tersebut disampaikan langsung oleh Cahyo Rahadian Muzhar, Direktur Direktorat Jenderal Hukum Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI pada rapat kerja Komite Ketiga DPR RI yang digelar pada 7 Maret 2024.

“Thom Jan Marinus Haye keturunan Indonesia, kakeknya lahir di Solo pada 30 Desember 1925 dan neneknya lahir di Kawangkoan pada 21 September 1933,” kata Cahyo saat itu.

Diketahui, Thom resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) usai dilantik pada 18 Maret 2024. Saat itu, Thom didampingi pemain asal Indonesia lainnya, Ragnar Oratmangoen dari Kanwil Kemenkum HAM DKI Jakarta.

Tak lama kemudian, ia langsung dipercaya oleh Shin Tae-yong dan debut sebagai pelatih kepala timnas Indonesia. Tom diturunkan untuk menjadi starter di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 26 Maret 2024.

Saat itu, Timnas Indonesia bermain melawan Vietnam. Penampilannya begitu impresif, Thom memberikan satu assist di pertandingan itu dan baru digantikan hingga larut malam. Timnas Indonesia menang 3-0.

Hingga saat ini, gelandang berusia 29 tahun tersebut sudah tampil sebanyak 3 kali bersama Garuda. Dua laga tersisa adalah bentrokan timnas Irak dan Filipina pada Juni 2024.

Thom Haye mencetak gol saat menjamu tim Filipina berjuluk Azkals di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Thom dan rekannya. bermain cemerlang untuk menang dengan selisih dua gol. ​

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *