Pentas Seni, Bazar Buku sampai Temu Penulis Siap Meriahkan Pesta Literasi Indonesia 2024

VIVA Lifestyle – Merayakan setengah abad perjalanannya di industri penerbitan, Gramedia Publishing menghadirkan Festival Literasi Indonesia 2024. Acara ini akan digelar pada 26 Agustus hingga 1 September 2024 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, dengan menarik. tema “Lautan Imajinasi”.

Tema “Lautan Imajinasi” dipilih untuk mencerminkan kebebasan berekspresi dan berkreasi tanpa batas. Tema ini mengajak seluruh pengunjung menjelajahi batas dunia nyata, mengarungi lautan kata, warna dan suara menuju pulau kreativitas yang menakjubkan. Bergerak lebih banyak, oke?

Dalam sambutannya, Gramedia menekankan peran pentingnya sebagai sarana penyala gagasan, pencipta imajinasi, reflek sejarah, pencari kebenaran dan pionir masa depan. Melalui Festival Literasi Indonesia 2024, Gramedia bertujuan untuk terus mendorong kreativitas, inovasi dalam literasi dan menjembatani kesenjangan akses buku di masyarakat.

Beragam kegiatan seru akan memeriahkan acara ini, mulai dari diskusi panel, kompetisi, pameran buku, memasak dan seni hingga pertunjukan teater dan pertemuan dengan penulis, pembaca, dan masyarakat. Festival Literasi Indonesia 2024 mengajak pengunjung untuk mengeksplorasi potensi terpendam, melintasi batas budaya dan merangkul keberagaman melalui pertukaran ide dan pengalaman.

Acara ini juga mempunyai tujuan mulia untuk menjembatani kesenjangan literasi antara mereka yang memiliki akses terhadap buku dan mereka yang tidak. Gramedia bertujuan untuk membuka akses literasi yang lebih luas dan meningkatkan minat membaca di seluruh lapisan masyarakat.

“Pesta ini dimulai dengan keinginan sederhana agar semua orang berkumpul untuk merayakan kecintaan mereka pada cerita. Kini partai ini mengikutsertakan banyak pihak lain, tidak hanya mereka yang berkecimpung di dunia perbukuan, tapi semua pihak yang ingin memupuk kekayaan ide, imajinasi dan kreativitas. “Ini pesta kami,” kata Ruth Priscilla Angelina, presiden Partai Literasi Indonesia. 2024.

Dalam jumpa pers yang digelar pada 18 Juli 2024 di Taman Ismail Marzuki, para editor, penyelenggara, penulis, sutradara teater, dan masyarakat berdiskusi mengenai berbagai pandangan mengenai Festival Literasi Indonesia 2024. Acara tersebut dihadiri oleh penulis kondang Ratih Kumala dan Agus Noor.

Festival Literasi Indonesia 2024 akan diawali dengan acara sosial dalam rangka HUT Gramedia ke-50, yaitu donasi buku kepada 100 komunitas taman baca di Indonesia. Buku-buku ini akan didistribusikan secara merata kepada 9 orang terowongan di Pulau Sumatera, 64 orang terowongan di Jawa, 6 orang terowongan di Kalimantan, 6 orang terowongan di Sulawesi, 3 orang terowongan di Maluku, 3 orang terowongan di Bali, 3 orang terowongan di NTB, 3 orang terowongan di NTT dan 3 orang terowongan. di Papua. Untuk mendukung penyaluran donasi ini, Gramedia bermitra dengan Forum Komunitas Taman Bacaan (Forum TBM) dan KGX. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *