Viral Pebulutangkis Belgia Bicara Bahasa Indonesia dengan Pelatih di Olimpiade, Ternyata…

VIVA – Video viral di media sosial memperlihatkan seorang pebulu tangkis Belgia dan pelatihnya berbicara dalam bahasa Indonesia pada laga pertama Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

Nama pebulu tangkis tersebut adalah Lianne Tan dan pelatihnya Indra Bagus Ade Chandra.

Saat Lianne menghadapi ratu bulu tangkis Thailand Ratchanok Intanon di babak penyisihan grup Olimpiade 2024, videonya menjadi sorotan nasional.

Indra Bagus menginstruksikan Tan untuk bermain lebih ke depan karena Intanon lebih nyaman mengoper bola ke samping.

“Jalan dulu, jangan langsung ditembak, yang samping lebih baik. Coba digoyang-goyang dulu, nggak bakalan ada, bakalan ke doper. Kalau ke depan pasti nanti tabrakan, usahakan cegah, kalau cegah, cepatlah sedikit, jangan melangkah lebih jauh, ”kata Indra Baik.

“Kalau bangun, dia punya waktu untuk variasi. Begitu pula dengan balonnya. Kalau balonmu semudah itu, bagus untuk variasi, tapi kamu sedikit kesulitan.”

“Tapi tidak apa-apa, pertarungan sudah berhenti, kita tunggu dulu. Kalau ada kesempatan, cobalah,” kata Indra Bagus sambil menepuk punggung Tan.

Sayangnya Tan tak mampu mengatasi perlawanan Intanon. Ia kalah dalam dua laga berturut-turut dengan skor yang sama yaitu 8-21 dan 8-21.

Jadi siapakah Lianne Tan? Ia merupakan pemain bulu tangkis Belgia berdarah Indonesia. Tan memiliki darah Indonesia dari ayahnya.

Ayahnya, Henk Tan, merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang saat ini tinggal di Belgia, ibunya merupakan warga negara Belgia.

Tak hanya kali ini, Lianne Tan mencuri perhatian bangsa Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020.

Seperti Lianne, Indra Bagus memiliki darah Indonesia. Namun, dia saat ini terdaftar sebagai warga negara Italia.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *